• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A1 MELALUI METODE BERCERITA NABI NUH BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN DI TK ABA 01 KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Nita Sulistyowati - 130210205072_1.pdf (3.165Mb)
    Date
    2017-08-29
    Author
    Sulistyowati, Nita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Usia 4-5 tahun ciri perkembangan bahasa anak salah satunya mengungkapkan bahasa dengan menjawab pertanyaan sederhana, mengulang kalimat sederhana, mengungkapkan perasaan dengan kata sifat dan menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar. Berdasarkan hasil observasi pra siklus anak kelompok A1 di TK ABA 01 Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017 dari 15 anak, hanya 5 anak yang memiliki keterampilan berbicara cukup baik, sedangkan 10 anak memiliki keterampilan berbicara rendah. Hal ini disebabkan kurangnya kosakata bahasa Indonesia yang dimiliki anak. Pada saat pembelajaran guru memberikan pertanyaan anak kurang percaya diri dan ragu-ragu untuk menjawab pertanyaan. Dalam memberikan stimulus keterampilan berbicara, guru cenderung menggunakan metode bernyanyi. Metode bernyanyi kurang efektif karena akan membuat anak mengulang lirik lagu tersebut tanpa mengekspresikan keterampilan berbicara yang dimiliki setiap anak. Pemilihan metode bercerita Nabi Nuh berbantuan media boneka tangan dikatakan sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak. pada dasarnya anak senang mendengarkan cerita dan anak diminta untuk bercerita kembali. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan metode bercerita Nabi Nuh berbantuan media boneka tangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimanakah penerapan metode bercerita Nabi Nuh berbantuan media boneka tangan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A1 di TK ABA 01 Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017?; 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara anak kelompok A1 melalui metode bercerita Nabi Nuh berbantuan media boneka tangan di TK ABA 01 Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A1 melalui metode bercerita Nabi Nuh berbantuan media boneka tangan di TK ABA 01 Kecamatan Balung Kabupaten Jember tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Model penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) menggunakan desain Arikunto.Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Subjek Penelitian ini adalah kelompok A1 TK ABA 01 dengan jumlah 15 anak (7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki). Berdasarkan hasil observasi setelah dilakukan penerapan metode bercerita Nabi Nuh berbantuan media boneka tangan menunjukkan anak sudah mampu bercerita namun kosa kata yang diucapkan rata-rata 2-3 kata, beberapa anak belum berani bercerita di depan kelas dan ada anak yang menggangu teman yang bercerita. Hal ini dilihat dari nilai hasil belajar anak pra siklus ke siklus I sebanyak 7 anak tuntas sesuai kriteria dan 8 anak belum mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 69%. Siklus I belum mencapai target ketuntasan klasikal, sehingga perlu perbaikan pada siklus II. Kegiatan siklus II tidak jauh berbeda dari siklus I namun perbaikan dilakukan dengan memberi anak reward agar anak termotivasi, mengulang-ulang peraturan kegiatan bercerita dan tokoh boneka yang berinteraksi dengan anak selaku penonton. Hasil siklus II meningkat 10% dari siklus I dengan nilai rata-rata kelas 79%. Berdasarkan hasil pnelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita Nabi Nuh berbantuan media boneka tangan dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A1 TK ABA 01 Tahun Ajaran 2016/2017. Saran bagi guru, hendaknya dapat menerapkan metode bercerita Nabi Nuh berbantuan media boneka tangan sebagai alternatif dalam keterampilan berbicara.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81558
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository