dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk membentuk sejumlah fungsi mclalui kombinasi linier peubah-peubah anal, yang dapat digunakan sebagai cara terbaik untuk memisahkan kelompok-kelompok mahasiswa, fungsi ini disebut fungsi diskriminan Fungsi diskriminan dapat digunakan untuk menerangkan perbedaan antar kelompok atau menterjemahkan ciri kelompok, juga dapat digunakan dalam masalah klasifikasi (misklasifikasi). Ada perbedaan yang signifikan (kurang dari 1%) untuk ketiga fungsi diskriminan yang menerangkan perbedaan antara kelompok matematika, fisika, kimia dan biologi, sehingga analisis diskriminan layak untuk digunakan. Variabel yang membedakan misklasifikasi awal pengelompokan adalah nilai rata-rata matematika (y2), nilai rata-rata tisika (y4), nilai NEM kimia (y5), nilai rata-rata kimia (yo) dan nilai rata-rata biologi (yg). Ada tiga fungsi diskriminan yang terbentuk, yakni:
Z.„„., _1 = -0,863 *y2 + 0,471* y4+ 0,522* y5 + 0,464* y5 -0,426 * ys
Z.„.„, _ 2 = -0,080*y2 - 0,656* y4+ 0,330* ys + 0,391* yo + 0,704* Y8
Z.,,.,, _3 -0,307*y2 + 0,284* y4+ 0,679* y5 - 1,045* yo + 0,479* ys
Dari hasil analisis terjadi misklasifikasi mahasiswa FMIPA angkatan 1998/1999 Universitas Jember sebesar 46,4%. Angka yang relatif tinggi mungkin disebabkan tanpa memperhatikan profil kemampuan akademik dari mata kuliah yang terkait (baik NEM, mata kuliah dari kemipaan). Melihat adanya misklasifikasi yang relatif tinggi, sebaiknya pihak FMIPA Universitas Jember memberikan informasi dan wawasan yang luas mengenai prospeks dan prasyarat dari masing-masing jurusan di masa yang akan datang untuk pelajar SMU yang akan mengikuti UMPTN serta memberikan motivasi cara belajar yang efektif untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Sistem penjurusan mahasiswa FMIPA Universitas Jember ada baiknya mempertimbangkan perestasi akademik awal (tahun I) setelah di Perguruan Tinggi selain minat dan profil NEM. | en_US |