Analisis Penerapan Teori Antrean pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember (The Analysis of Queuing Theory Application at Tax Service Office Pratama Jember)
Abstract
Tujuan artikel ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui jumlah jalur fasilitas pelayanan yang optimal pada masing-masing kondisi antrean ramai, normal, dan sepi di TPT Loket A Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember. Pendekatan riset yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi. Populasi dalam artikel ini adalah seluruh Wajib Pajak yang akan melakukan transaksi di TPT Loket A Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember pada pukul 08.00 – 15.00 WIB. Metode analisis data yang digunakan adalah model antrean Multi Channel Single Phase kemudian dilakukan analisis perbandingan dengan menggunakan data hasil observasi yang telah dilakukan. Hasil yang didapat dari artikel ini adalah jumlah jalur fasilitas pelayanan yang optimal pada TPT loket A Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember sebanyak 4 jalur pada kondisi antrean ramai yaitu pada pukul 08.00 – 09.00 dan 10.00 – 11.00 WIB, 3 jalur pada kondisi antrean sepi yaitu pada pukul 09.00 – 10.00, 11.00 – 12.00, dan 13.00 – 14.00 WIB dan 2 jalur pada kondisi antrean sepi yaitu pada pukul 12.00 – 13.00 dan 14.00 – 15.00 WIB.