Analisis Yang Memengaruhi Minat Beli Ulang Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum Aqua Galon Di Kota Jember
Abstract
Keputusan pembelian terhadap aqua galon di kota Jember semakin tinggi apabila
bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat dan distribusi yang baik. Karena
produk yang berkualitas dan dapat diandalkan merupakan pertimbangan dari konsumen untuk
melakukan pembelian maupun pembelian ulang. Selama ini aqua galon dinilai leh konsumen
sebagai produk yang memiliki kualitas baik. Harga juga menjadi faktor penting dalam
keputusan pembelian. Jika barang yang dibeli harganya sesuai dengan manfaat yang mereka
dapatkan maka, konsumen akan memutuskan untuk melakukan pembelian kembali dimasa
yang akan datang.
Ketersediaan aqua galon yang mudah didapat juga menjadi pertimbangan bagi
konsumen untuk melakukan pembelian ulang. Produk aqua yang mudah didapatkan di toko-
toko terdekat ( dekat pemukiman/tempat tinggal konsumen ) menjadi alasan untuk konsumen
melakukan pembelian ulang terhadap produk aqua galon ini.
Adanya iklan/promosi diberbagai media yang mampu menunjukkan bahwa aqua
memiliki citra baik dan hal itu pula yang menjadi pendorong konsumen untuk membeli
maupun melakukan pembelian ulang terhadap produk aqua galin di kota Jember. Citra baik
tersebut juga mampu menujukkan bahwa kualita pada aqua galon tersebut sesuai dengan yang
diharapkan oleh konsumen.
Hasil dari penelitian menyatakan bahwa kualitas produk sangat berpengaruh terhadap
pembelian ulang aqua galon di kota Jember. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas aqua galon
telah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen, yang bertujuan untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya akan air mineral yang sehat dan berkualitas baik. Jadi jikamereka mersa
kebutuhan akan produknya sudah terpenuhi dan harapan dari kualitas produk yang mereka
dapat sesuai dengan apa yang mereka harapkan, maka mereka akan memperoleh kepuasan
akan produk yang telah dipilih.