PENINGKATAN PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B1 MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD DI TK SISWA BUDHI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran muatan lokal yang sangat penting
untuk diajarkan pada anak usia dini. Hal ini tercantum pada Surat Keputusan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan nomor 060/U/1993 tanggal 25 Februari 1993 (Suyanto,
2010:2). Pembelajaran bahasa Inggris juga dilakukan di TK Siswa Budhi Kecamatan
Kaliwates, Kabupaten Jember. Namun, kemampuan anak dalam mengenal kosa kata
bahasa Inggris pada kelompok B1 masih kurang, dari 8 terdapat 6 anak yang belum
mampu mengucapkan dan menyebutkan kosa kata bahasa Inggris dengan tepat. Hal
ini dikarenakan proses pembelajaran bahasa Inggris masih kurang efektif, guru hanya
menggunakan metode ceramah dan buku LKS tanpa disertai dengan penggunaan
media yang menarik.
Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian dengan
menggunakan metode demonstrasi berbantuan media flash card agar hasil belajar
pengenalan kosa kata bahasa Inggris pada kelompok B1 dapat meningkat. Masalah
yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode
demonstrasi berbantuan media flash card untuk meningkatkan kemampuan mengenal
kosa kata bahasa inggris pada kelompok B1 TK Siswa Budhi, Kaliwates Jember
Tahun Pelajaran 2016/2017?; dan bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal
kosa kata bahasa inggris setelah diterapkan metode demonstrasi berbantuan media
flash card pada siswa kelompok B1 TK Siswa Budhi Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Sesuai dengan rumusan masalah
tersebut maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode
demonstrasi berbantuan media flash card untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris pada kelompok B1 TK Siswa Budhi Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; dan meningkatkan kemampuan anak
kelompok B1 dalam mengenal kosa kata bahasa Inggris setelah diterapkannya
metode demonstrasi berbantuan media flash card di TK Siswa Budhi Kecamatan
Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.
Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Siswa Budhi Kecamatan
Kaliwates Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral Hopskin yang setiap
siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode
wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan yaitu
data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan metode demonstrasi
berbantuan media flash card dalam pembelajaran mengenal kosa kata bahasa Inggris
dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdapat hambatan yang berkaitan dengan indikator
penilaian pada siklus I yaitu beberapa anak belum dapat bertindak sesuai dengan
perintah, belum bisa mengucapkan kosa kata bahasa Inggris dengan tepat dan ada
pula yang belum bisa menyebutkan kosa kata bahasa Inggris. permasalahan pada
siklus I diperbaiki pada siklus II dengan cara menambahkan mainan alat kedokteran
yang sesuai pada tema hari itu, sehingga anak dapat bermain dengan mempraktekkan
alat- alat tersebut sekaligus anak menyebutkan dan mengucapkan kosa kata bahasa
Inggrisnya. Peningkatan kemampuan mengenal kosa kata bahasa Inggris anak
kelompok B1 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 57,5%
menjadi 60,4% pada siklus I dan meningkat menjadi 76% pada siklus II.
Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
demonstrasi berbantuan media flash card dapat meningkatkan kemampuan mengenal
kosa kata bahasa Inggris anak kelompok B1 TK Siswa Budhi. Saran yang dapat
disampaikan yaitu guru hendaknya menggunakan metode demonstrasi berbantuan media flash card dengan menambahkan alat permaianan seperti mainan alat
kedokteran, selain itu guru harus dapat menciptakan susana pembelajaran yang
menarik dan menyenangkan agar anak lebih giat dalam belajar