FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN CALON JAMAAH HAJI DALAM KEPUTUSAN MENYETOR BPIH MELALUI BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk. CABANG SUMENEP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui : (1). faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen calon jamaah haji (CJH) dalam mengambil keputusan untuk menyetor BPIH melalui bank BNI Cabang Sumenep; (2). untuk mengetahui faktor yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap sikap konsumen CJH dalam mengambil keputusan untuk menyetor BPIH. Faktor-faktor tersebut antara lain : personal, proses, promosi, lokasi, pelayanan dan fasilitas sebagai variabel bebas dan sikap konsumen CJH sebagai variabel terikat.
Model yang digunakan untuk menganalisis sikap konsumen tersebut adalah : Multiatrubute Attitude Model yang intinya bahwa kepuasan konsumen ditentukan bobot yang diberikan konsumen terhadap faktor (i) dikalikan dengan selisih ideal konsumen pada faktor (i). dengan keyakinan konsurnen pada faktor (i). perhitungan skala pengukuran sikap digunakan skala Linkert dengan menggunakan lima katagori penilaian yang mana masing-masing katagori penilaian dikualifikasikan dengan memberi bobot.
Populasi penelitian yaitu konsurnen calon jamaah haji yang inenyetor BPIH di Bank BNI Cabang Sumenep pada tahun 2001. Subyek penelitian adalah konsumen CJH yang meliputi dart berbagai golongan pendidikan, pedagang, pegawai negeri dan pegawai swasta. Obyek penelitian adalah sikap konsumen CJH terhadap faktor-faktor yang ditawarkan dalam menyetor BPIH oleh Bank BNI Cabang Sumenep. Penentuan sampel diambil dengan menggunakan bantuan kuisioner dibagikan kepada 120 responden, 20 responden dart 120 responden diambil untuk pengujian alat instrumen penelitian diantaranya pengujian dengan menggunakan uji validitas dengan teknik Produk Momen dari Karl Pearson dan uji reliabiIitas.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penelitian ini valid yakni nilai r hitung menunjukkan lebih hesar daripada r label dan alat analisis lain menunjukkan reliabel atau dapat dipercaya dengan menggunakan program SPSS 10 yakni Reliability analysis — Scale (ALPHA) dan begitu juga MAM (Multriatribute Attitude Model) menunjukkan sikap konsumen CJH positif untuk memenuhi kebutuhan semua pembeli dengan melakukan produksi massa, distribusi massa, dan promosi massa. Strategi pemasaran massal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan skala ekonomis, sehingga biaya dan harganya rendah dan dapat menjangkau sebanyak mungkin pembeli potensial.
Collections
- MT-Management [539]