FAKTOR-FAKTOR MARKETING MIX KELOMPOK REFERENSI DAN SOSIO EKONOMI YANG DIPERTIMBANGKAN UNTUK MENJADI DEBITUR SEGMEN MIDDLE MARKET (Studi kasus pada Bank BNI Kanwil 06 Surabaya)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan dan rnempengaruhi serta juga untuk mengetahui faktor yang paling dominan terhadap perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk rnenjadi debitur segmen middle market PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Wilayah 06 Surabaya
Adapun saran yang dapat penulis berikan adalah :
1. Karena faktor promosi merupakan faktor utama pertama yang dipertimbangkan konsumen untuk menjadi debitur segmen middle market, maka perlu kiranya melakukan peningkatan terhadap kegiatan promosi terutama melalui relationship, karena cara ini merupakan cara yang efektif dan merupakan kegiatan promosi yang selain menguntungkan debitur yaitu memberikan masukkan-masukkan bagi perkembangan usaha yang ditekuni juga menguntungkan pihak Bank.
2. Sebagaimana saran pada butir 1 diatas relationship sangat terkait dengan kemampuan dari pengelola nasabah di Kanwil 06 BNI untuk mampu melakukan pendekatan pada debitur yang telah ada dan calon debitur, baik secara langsung ke debitur sehingga melalui p.endekatan secara tidak langsung mis, melalui rekan bisnis / keluarga debitur/calon debitur yang juga kebetulan berbank BNI, harus mampu menguasai dan meningkatkan product knowlage dan kemampuan selling skill.
3. BNI harus mampu meninggalkan platform lama yakni sebagai Bank Pemerintah yang cenderung menunggu datangnya debitur, tetapi juga harus mampu mencari, memilih serta mengaplikasikan operational banking secara propesional, karena kedepan era globalisasi semakin tidak terbendung dan hal lain yang perlu mendapatkan perhatian adalah persiapan otonomi daerah yang adil dan merata.
Collections
- MT-Management [539]