IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR KELAS (OUTDOOR MA THEMA TICS) BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR STSWA
View/ Open
Date
2013-12-11Author
Antonius Cahva Prihandoko
Dinawati Trapsilasiwi
Didik Sugeng, P
Metadata
Show full item recordAbstract
Hasil belajar matematika di sekolah, mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai jenjang pendidikan menengah masih belum menunjukkan hasil vang memuaskan. Rendahnya nilai tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya minat belajar matematika siswa, anggapan bahwa matematika sebagai momok, dan rasa bosan belajar matematika vang selalu dilaksanakan di dalam kelas (Pambudi, 1999-2004). Rasa bosan dan sikap negatif siswa terhadap matematika adalah dua hal penting yang perlu dihilangkan agar siswa memperoleh hasil memuaskan dalam belajar. Salah satu strategi untuk menghilangkan rasa bosan adalah dengan melakukan variasi pembelajaran matematika, yaitu melaksanakan Pembelajaran di luar kelas (Outdoor Mathematics = OM).
Selain model OM, maka saat ini sedang trend diujicobakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) atau Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) yang berasal dari Belanda dan diyakini memberikan prospek vang cerah bagi peningkatan kualitas pembelajaran matematika di Indonesia (Sembiring, dkk 2003). Oleh karena itu terlintas ide untuk menggabungkan model OM dengan RME. Harapannya adalah proses pembelajaran yang terjadi akan menjadi satu kesatuan yang utuh sehingga siswa benar- benar memahami tujuan perfibelajaran yaitu untuk mengaitkan konsep matematika dengan penerapan konsep tersebut untuk menyelesaikan masalah nyata (realitas) dalam kehidupan sehari-hari di luar kelas.
Dari pemikiran di atas, maka diadakan penelitian untuk mengkaji bagaimana hasil implementasi Model Pembelajaran Matematika di Luar Kelas (Outdoor Mathematics) Berbasis Matematika Realistik serta Dampaknya terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa.