EFEKTIVITAS MEDIA PROMOSI KESEHATAN LEAFLET DAN BROSUR PADA PASIEN HIPERTENSI (Studi Kualitatif di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Kaliwates Jember)
Abstract
Sejak tahun 1977 Rumah Sakit selain sebagai fungsi rehabilitasi juga menjalankan fungsi preventif, sehingga saat ini promosi kesehatan di Rumah Sakit merupakan bagian yang tidak terpisah dari program pelayanan kesehatan di Rumah Sakit, sehubungan dengan hal ini maka guna memaksimalkan efektivitas penyelenggaraan pelaksanaan promosi kesehatan di Rumah Sakit, tak lepas dari adanya dukungan peran dari media promosi kesehatan. Jumlah pasien hipertensi Di RSU Kaliwates Jember merupakan salah satu kategori penyakit yang termasuk dalam 10 penyakit penyebab rawat inap dengan peningkatan jumlah pasien setiap tahun, padahal pasien hipertensi termasuk sasaran utama untuk diberikan penyuluhan secara intensif oleh tim PKRS. Sebagai upaya untuk meninjau sejauh mana keefektifan pelaksanaan program maka perlu untuk diadakan upaya evaluasi, sementara di RSU Kaliwates Jember sendiri selama ini masih belum dilakukan suatu upaya evaluasi terkait pelaksanaan PKRS termasuk penyuluhan kepada pasien hipertensi terutama efektivitas medianya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Media Promosi Kesehatan Leaflet dan Brosur yang dipakai oleh tim PKRS Rumah Sakit Umum Kaliwates Jember Pada Pasien Hipertensi yang dirawat inap di Rumah Sakit Umum Kaliwates Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu berawal pada data dan bermuara pada kesimpulan dan menggunakan jenis penelitian deskriptif, yaitu jenis penelitian yang menggambarkan, meringkas berbagai kondisi dan situasi yang ada. Peneliti menggunakan informan untuk memperoleh berbagai informasi yang diperlukan selama proses penelitian yang dipilih berdasarkan teknik purposiv, yaitu menentukan kelompok peserta yang menjadi informan sesuai dengan kriteria terpilih yang relevan dengan masalah penelitian. Peneliti melakukan triangulasi sumber sebagai validitas dan reliabilitas data dalam penelitian ini, dengan melakukan wawancara kepada sumber yang berbeda, yaitu informan kunci informan utama dan informan tambahan untuk menghasilkan suatu kesimpulan yang valid.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa media promosi kesehatan leaflet dan brosur yang digunakan oleh tim PKRS RSU Kaliwates Jember efektif untuk digunakan penyuluhan kepada pasien hipertensi rawat inap. Semua informan memutuskan untuk menerima media promosi kesehatan yang diperkuat adanya data secara garis besar meliputi karakteristik penerima, karakteristik sistem sosial, dan karakteristik inovasi, yang cenderung bersifat memperkuat adanya adopsi inovasi penerimaan media promosi kesehatan leaflet dan brosur oleh pasien hipertensi.
Pihak PKRS dalam menjalankan kegiatan penyuluhan secara individual menggunakan leaflet dan brosur dengan pemberian materi yang diberikan sifatnya mengkondisikan dengan kebutuhan pasien dengan melihat penyakit yang dideritanya. Karakteristik penerima meliputi : 1) Informan menyatakan siap untuk merubah kebiasaan dan pola hidup keseharianya namun beberapa informan tidak secara langsung merubahnya, 2) pasien membutuhkan informasi mengenai hipertensi, 3) adanya interaksi yang harmonis dalam keluarga yang dapat mempercepat dan mempermudah daya serap informasi media promosi kesehatan. Karakteristik inovasi meliputi : 1) informan cenderung menyukai media promosi kesehatan, 2) adanya keserasian antara media promosi kesehatan dan informan, 3) media promosi kesehatan memberikan keuntungan bagi pasien, 4) sebagian besar informan menyatakan media promosi kesehatan memiliki kekurangan yakni pada huruf yang terlalu kecil, 5) dengan diamatinya media promosi kesehatan oleh keluarga pasien menandakan bahwa media promosi kesehatan dapat diamati oleh orang lain. Karakteristik sistem sosial meliputi : 1) Informan memiliki pandangan yang benar mengenai norma, 2) Informan memiliki pandangan yang benar mengenai toleransi penyimpangan, 3) terdapat interaksi yang sehat di dalam sistem sosial informan yang ditandai dengan adanya komunikasi / hubungan timbal balik dalam keluarga.
Keseluruhan informan menyatakan menerima media promosi kesehatan leaflet dan brosur tanpa keterpaksaan karena sadar akan pentingnya kesehatan.
Collections
- UT-Faculty of Public Health [2227]