PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 1 KENCONG TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Pembelajaran sejarah di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kencong selama ini
masih menggunakan pendekatan teacher centered learning yaitu pembelajaran yang
berpusat pada pendidik, sehingga selama aktivitas pembelajaran berlangsung peserta
didik cenderung pasif untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan
mengubah strategi pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Active
Learning tipe Question Student Have (QSH). Strategi pembelajaran Active Learning
tipe Question Student Have (QSH) menuntut peserta didik lebih aktif dalam bertanya
dengan menggunakan sebuah teknik untuk mendapatkan partisipasi peserta didik
melalui tulisan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan
strategi pembelajaran Active Learning tipe Question Student Have (QSH) pada
pembelajaran sejarah dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas XII
IPA 2 di SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2016/2017?; (2) apakah penerapan
strategi pembelajaran Active Learning tipe Question Student Have (QSH) pada
pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPA 2
di SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2016/2017?. Tujuan dari penelitian ini adalah
(1) untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan strategi
pembelajaran Active Learning tipe Question Student Have (QSH) dalam
pembelajaran sejarah kelas XII IPA 2 di SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran
2016/2017; (2) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan strategi pembelajaran Active Learning tipe Question Student Have (QSH) dalam
pembelajaran sejarah kelas XII IPA 2 di SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran
2016/2017.
Manfaat dari penelitian ini adalah (1) bagi peneliti, pengembangan ilmu
pengetahuan yang akan datang; (2) bagi pendidik, sebagai referensi dalam pemilihan
strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik,
khususnya dalam pembelajaran sejarah; (3) bagi peserta didik, memberikan sajian
pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sehingga peserta didik tidak
menganggap pelajaran sejarah sebagai pelajaran yang membosankan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah peserta didik kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kencong. Kelas XII IPA 2 terdiri
dari 32 peserta didik, 20 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki-laki.
Desain penelitian ini menggunakan model skema penelitian model Hopkins dengan 4
tahapan dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar
sejarah peserta didik yang menunjukkan peningkatan dari pra siklus ke siklus 1
kemudian ke siklus 2 dengan cukup baik dan lebih aktif dalam pembelajaran.
Peningkatan aktivitas belajar peserta didik pra siklus dari 50,69% meningkat 31,50%
pada siklus 1 menjadi 66,66%. Siklus 2 sebesar 79,33% meningkat 19,00% dari hasil
aktivitas belajar siklus 1. Peningkatan hasil belajar sejarah pada siklus 1 sebesar
68,75% meningkat 46,66% dari hasil belajar kogitif pra siklus 46,87%. Siklus 2
sebesar 84,37% meningkat 22,72% dari hasil belajar kognitif siklus 1.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Active
Learning Tipe Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar sejarah pada peserta didik kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kencong Tahun Ajaran 2016/2017.