Pengaruh Variabel Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pasar Eceran Moderen (PEM) di kota Jember
View/ Open
Date
2013-12-11Author
Agus Priyono
Bambarg Irawar
Mohamad Dimyati
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan di kota Jember, dengan objek penelitian difokuskan pada Indomaret sebagai representasi dari pasar eceran moderen (PEM). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen, dan melihat besaran pengaruh variabel pemasaran baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen.
Desain penelitian adalah survai, teknik pengumpulan data secara stratified sampling berdasarkan keberadaan PEM di beberapa wilayah kota Jember. Metode analisis adalah methods of succesive interval: regresi linier berganda; uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum konsumen sangat puas; secara simultan terdapat pengaruh nyata dari variabel pemasaran terhadap kepuasan konsumen, dengan kontribusi sekitar 77%; sedangkan secara pasial variabel personel dan pelayanan berepe'ngaruh paling dominan.
Beberapa saran yang'diberikan: (a) pihak PEM perlu mempertahankan kinerja yang telah ditunjukkan, bila perlu lebih ditingkatkan lagi sehingga konsumen semakin puas; (b) walaupun secara simultan variabel pemasaran PEM telah berpengaruh secara nyata terhadap kepuasan konsumen, namun secara parsial masih terdapat variabel yang pengaruhnya tidak nyata yakni variabel pelayanan dan personal, oleh karena itu terhadap dua variabel tersebut pihak manajemen PEM perlu mengamati kembali apakah pelayanan yang diberikan sudah optimal atau perlu ditingkatkan teknical skilinya; (c) mengingat sampai saat ini keberadaan PEM ditengah masyarakat masih kontroversi terutama bagi kelompok pedagang eceran disekitar PEM, maka perlu dipikirkan kemungkinan strategi yang paling baik jika sewaktu- waktu terbit regulasi yang mengatur keberadaan PEM.