• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan PMR untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas V SDN Sukosari 01 Bondowoso Tahun 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Kartika Candra Devi.pdf (3.187Mb)
    Date
    2017-08-15
    Author
    Devi, Kartika Candra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika di SD hendaknya diorientasikan untuk terciptanya aktivitas-aktivitas yang mendukung terjadinya perolehan pemahaman konsep-konsep matematika yang lebih mendalam oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Sukosari 01 Bondowoso diketahui bahwa guru belum banyak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Kurangnya penggunaan metode atau model pembelajaran yang inovatif di setiap pembelajaran matematika menjadi salah satu penyebab rendahnya aktivitas belajar siswa. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari data skor ulangan harian siswa, hanya 41,17% atau 14 siswa dari 35 siswa yang berhasil mencapai KKM. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu, bagaimanakah penerapan PMR pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukosari 01 Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017?; bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui PMR pada siswa kelas V SDN Sukosari 01 Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017?; bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui PMR pada siswa kelas V SDN Sukosari 01 Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Sukosari 01 Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Penerapan PMR pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan berjalan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan aktivitas guru dan siswa yang disesuaikan dengan indikator penerapan PMR. Penerapan PMR dengan lima karakteristik penggunaan konteks, penggunaan model, kontribusi siswa, interaktivitas dan keterkaitan dilaksanakan dengan baik. Dalam penerapan PMR masih terdapat beberapa kendala, salah satunya ketika kegiatan kerja kelompok beberapa siswa yang memiliki kemampuan kurang tidak sepenuhnya terlibat aktif dalam mengerjakan LKS. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I meningkat dari 62,92% menjadi 77,42%. Persentase aktivitas terendah pada siklus I adalah kegiatan menjelaskan masalah kontekstual yaitu sebesar 58,57%, sedangkan persentase tertinggi adalah aktivitas presentasi kelas sebesar 65,71%. Pada siklus II, persentase aktivitas terendah siswa adalah kegiatan memahami masalah kontekstual yaitu sebesar 73,92%, sedangkan persentase tertinggi adalah aktivitas menyelesaikan masalah kontekstual dan membuat kesimpulan yaitu sebesar 79,28%. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 65,11 pada siklus I menjadi 75,54 pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan 60% pada siklus I menjadi 82,8% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang berkaitan dengan penerapan PMR yaitu guru dan peneliti perlu mempersiapkan segala keperluan pembelajaran, melakukan bimbingan khusus untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa yang berada pada tingkat kemampuan sangat kurang. Guru juga perlu memberikan penjelasan atau instruksi pengerjaan soal secara jelas pada siswa dan memastikan setiap siswa memahami prosedur pengerjaan soal bentuk gambar (visual) dalam LKS.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81165
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository