. PELAKSANAAN ADMINISTRASI KEUANGAN PADA PT. ASURANSI JASA INDONESIA JEMBER
Abstract
Dari basil Praktek Kerja Nyata pada PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Jember tentang Pelaksanaan Adminstrasi Keuangan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
a. Sitem pelaksanaan terhadap penerimaan dan pengeluaran kas dilakukan dengan cara sebagai berikut : memisahkan fungsi penyimpanan kas dengan fungsi akuntansi, transaksi penerimaan dan pengeluaran kas tidak boleh dilakukan sendiri, penerimaan dan pengeluaran kas harus mendapat otorisasi dari pejabat yang berwenang, semua pengeluaran kas harus dilakukan dengan cek atas nama perusahaan penerima pembayaran, sedang pencocokan jumlah fisik kas yang ada ditangan dengan jumlah kas menurut catatan dilakukan secara periodik.
b. Pada penerimaan kas unit keuangan membuatkan bukti kas debet dan pada pengeluaran kas dibuatkan bukti kas kredit.
c. Pelakasanaan pembuatan bukti bank intern (debet/kredit) dibuat oleh unit yang berkepentingan (unit keuangan ) atas penerimaan atau pengeluaran uang tersebut dimana jumlah uang yang diterima atau dikeluarkan oleh bank harus ditanda tangani oleh kepala cabang dan kepala seksi keuangan.
d. Rekonsiliasi bank dibuat oleh petugas unit keuangan setiap bulan dengan cara mengambil angka-angka saldo yang tertera pada buku bank dan rekening koran bank, selanjutnya diisikan pada forrnulir rekonsiliasi hank. Setelah itu menentukan selisih dari kedua angka saldo tersebut serta dicari - cari sebabnya. Kemudian menentukan saldo yang sebenarnya baik menurut buku bank maupun rekening-rekening yang tercantum dalam rekening koran bank.
Collections
- DP-Financial Management [400]