PELAKSANAAN ADMINISTRASI PIUTANG USAHA PADA PT. TELKOM KANCATEL BONDOWOSO
Abstract
Berdasarkan Praktek Kelp Nyata yang dilaksanakan pada tanggal 3 .juli sampai dengan tanggal 31 juli 2000 pada PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA Kancatel Bondowoso,dapatlah ditarik beberapa kesimpulan yaitu:
1. Pelaksanaan kegiatan administrasi piutang usaha pada PT.Telekomunikasi Indonesia Kancatel Bondowoso dilakukan dengan membuat suatu dokumen dasar sebagai tanda bukti terjadinya suatu traksaksi perusahaan,dalam hal ini transaksi penerimaan piutang usaha yang merupakan dasar bagi pencatatan berikutnya dalam model input.
2. Setiap transaksi penerimaan piutang usaha untuk bulan berjalan maupun tunggakan setiap harinya dicatat pada buku bantu bulan berjalan dan buku Bantu tunggakan.
3. Penunggakan piutang usaha akan dikenakan denda sesuai dengan peraturan yang berlaku pada perusahann tersebut.
4. Transaksi penerimaan piutang, usaha melalui bank atau loket yang terjadi pada setiap harinya akan dimasukkan dalam program komputer.
5. Posting dan rekonsiliasi dengan sub seksi akuntansi dilakukan tiga kali dalam sebulan hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kesalahan timbulnya selisih pada akhir bulannya mengingat transaksi yang terjadi cukup banyak.
6. Setiap akhir bulan sub seksi piutang akan membuat daftar pertanggungan piutang usaha untuk dikirim ke witel, serta membuat daftar kwitansi yang masih ada (tersisa) untuk mengetahui berapa jumlah kwitansi yang sampai akhir bulan belum dibayar oleh pelanggan.
Collections
- DP-Financial Management [400]