Show simple item record

dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.advisorSyarifuddin
dc.contributor.authorHamdini, Istifari Hanoum
dc.date.accessioned2017-08-14T02:27:06Z
dc.date.available2017-08-14T02:27:06Z
dc.date.issued2017-08-14
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81079
dc.description.abstractKemampuan motorik halus merupakan kemampuan menggerakkan otot-otot kecil pada bagian tubuh tertentu seperti keterampilan menggunakan jari-jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan, dalam gerakan motorik halus tidak memerlukan tenaga yang besar. Motorik halus dapat dikembangakan melalui beberapa kegiatan untuk meningkatkan perkembangannya, salah satunya dengan kegiatan menggulung kertas kokoru. Berdasarkan observasi pada anak kelompok B3 di TK Kartika IV-73 diketahui kemampuan motorik halus anak berkembang kurang maksimal, terlihat dari hasil pra siklus diketahui bahwa 4 orang atau 21% menunjukkan kualifikasi kurang, dan 9 orang atau 47,4% menunjukkan kualifikasi cukup, 6 orang atau 31,6% menunjukkan kualifikasi baik. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar kelompok B3 kesulitan dalam mengembangkan kemampuan motorik halusnya seperti anak kurang bisa melipat kertas, anak kurang bisa menggunting dengan rapi, anak mudah capek ketika diberi tugas oleh guru, dan pada saat makan anak masih kesulitan membuka bungkus makanannya sendiri sehingga anak selalu meminta bantuan kepada guru. Berdasarkan permasalah tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan kegiatan menggulung kertas kokoru dalam pembelajaran motorik halus. Masalah yang dirumuskan dalam masalah ini yaitu 1) bagaimanakah penerapan metode demonstrasi kegiatan menggulung kertas kokoru untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B3 di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?; 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan motorik halus anak kelompok B3 melalui metode demonstrasi kegiatan menggulung kertas kokoru di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B3 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 19 anak, yang terdiri 12 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak setelah diberikan tindakan dengan menerapkan kegiatan menggulung kertas kokoru pada proses pembelajaran. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai ratarata kelas pada siklus 1 sebesar 67,5 dan siklus 2 meningkat menjadi 87,3. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan menggulung kertas kokoru dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Saran bagi guru, hendaknya dapat menerapkan kegiatan menggulung kertas kokoru sebagai alternatif dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran mengembangkan kemampuan motorik halus anak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries13021020518;
dc.subjectKeterampilan Motorik Halusen_US
dc.subjectMetode Demonstrasien_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Metode Demonstrasi Kegiatan Menggulung Kertas Kokoru Pada Anak Kelompok B3 Di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record