dc.description.abstract | Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa
faktor. Salah satu penyebabnya yaitu metode pembelajaran yang digunakan oleh
guru kurang bervariasi. Seringkali guru hanya menggunakan ceramah dan diskusi
dalam pembelajaran, selain itu media yang digunakan juga kurang menarik
perhatian siswa. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui saat guru
menggunakan metode ceramah ada banyak peserta didik yang tidak perhatian
pada materi pelajaran, bahkan ada peserta didik yang mengganggu temannya,
sedangkan ketika guru mengajar dengan menggunakan metode diskusi, yang aktif
dalam kegiatan diskusi ini hanya beberapa peserta didik saja, sedangkan peserta
didik lain lebih banyak mengobrol hal-hal diluar pelajaran. Berdasarkan latar
belakang tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah “bagaimanakah
peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui strategi mind mapping tema
indahnya negeriku pada siswa kelas IV A SDN Kebonsari 01 Jember semester 2
tahun ajaran 2016/2017?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui strategi mind mapping tema
indahnya negeriku pada siswa kelas IV A SDN Kebonsari 01 Jember semester 2
tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 01 Jember dengan subyek
penelitian seluruh siswa kelas IV A yang berjumlah 37 siswa, terdiri atas 15 siswa
laki-laki dan 22 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumen. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan
dengan menerapkan strategi mind mapping dalam pembelajaran. Pelaksanaan penerapan strategi mind mapping dalam pembelajaran
tematik integrtif tema indahnya negeriku subtema indahnya alam negeriku
berjalan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah
disusun sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil
belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan strategi mind mapping
mengalami peningkatan. Jadi, penerapan strategi mind mapping dapat
meningkatkan aktivitas tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV A SDN
Kebonsari 01 Jember. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal dari pra
siklus ke siklus I mengalami peningkatan dari 55,86% dalam kategori cukup aktif,
menjadi 75,86% dalam kategori aktif, sementara dari siklus I ke siklus II aktivitas
belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 75,86% dalam
kategori aktif menjadi 83,24% dalam kategori sangat aktif. Penerapan strategi
mind mapping ini juga dapat meningkatkan hasil belajar tema indahnya negeriku
pada siswa kelas IV A SDN Kebonsari semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Hal ini
ditunjukkan oleh skor hasil belajar siswa secara klasikal dari pra siklus ke siklus I
mengalami peningkatan dari 65,68 dalam kategori cukup, menjadi 84,75 dalam
kategori sangat baik, sementara dari siklus I ke siklus II hasil belajar siswa juga
mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 84,75 dalam kategori sangat baik
menjadi 88,03 dalam kategori sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi mind mapping
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema indahnya negeriku pada siswa
kelas IV A SDN Kebonsari 01 Jember. Saran bagi guru adalah diharapkan strategi
mind mapping dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan variasi strategi
pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti
lain, diharapkan dapat mengembangkan strategi mind mapping agar penerapan
strategi mind mapping menjadi lebih baik lagi | en_US |