dc.description.abstract | Kogintif merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak
usia dini. Aspek perkembangan kognitif dapat dikembangkan dalam belajar
matematika. anak belajar matematika seperti menyebut bilangan, menghitung
urutan bilangan dan penguasaan penjumlahan. Matematika pada anak dapat
dikenalkan melalui permainan, seperti permainan kubus bergambar yang dapat
meningkatkan kemampuan berhitung anak. Berdasarkan observasi dan wawancara
ditemukan dari 16 anak hanya 4 anak yang mampu berhitung dengan baik,
sedangkan 12 anak masih belum memiliki kemampuan berhitung dengan baik.
Penyebab yang mendasari kemampuan berhitung anak belum berkembang secara
optimal yaitu kegiatan pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi
sehingga anak menjadi tidak fokus dan bosan dalam mengikuti pembelajaran.
Guru hanya menggunakan kegiatan berhitung dengan benyanyi dan berfokus pada
pemberian tugas yang ada di majalah, untu itu perlu adanya variasi penggunaan
kegiatan pembelajaran yang lain yang menarik untuk meningkatkan kemampuan
berhitung anak. Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan permainan kubus
bergambar.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerpan permainan kubus bergambar
dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B1 di TK Jember
Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?;
dan (2) Bagaimankah peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B1
melalui permainan kubus bergambar di TK Jember Permai 1 tahun pelajaran
2016/2017?. Berdasarkan Rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini
adalah: (1) mendsikripsikan penepanan kemampuan berhitung dengan permainan
kubus bergambar yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B1 di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
tahun pelajaran 2016/2017; (2)meningkatkan kemampuan anak kelompok B1
dalam berhitung menggunakan permainan kubus bergambar di TK Jember Permai
1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang
berjumlah 16 anak, yang terbagi atas 11 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan
model penelitian Arikunto. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan
kualitatif.
Proses penerapan permainan kubus bergambar untuk meningkatkan
kemampuan berhitung anak kelompok B1 di TK Jember Permai 1 tahun pelajaran
2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan cara guru
menunjukkan media kubus bergambar pada anak didepan kelas, kemudian guru
(peneliti) meminta anak untuk memperhatikan penjelasannya guru, kemudian
guru meminta anak untuk bermain sesuai yang dicontohkan oleh guru.
Pelaksanaan pada siklus II hampir sama dengan siklus I akan ditambahkan
perbaikan dari perencanaan yang ada pada siklus I. Peningkatan kemampuan
berhitung anak kelompok B1 di TK Jember Permai 1 tahun pelajaran 2016/2017
dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 65,625, siklus I
sebesar 80,08, dan siklus II meningkat menjadi 91,41.
Saran yang dapat disampaikan yaitu, guru menggunakan media permainan
kubus bergambar dalam proses pembelajaran berhitung, dan sebagai bahan
masukan variasi media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung
anak agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dengan optimal. | en_US |