• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A5 Melalui Kegiatan Kolase di TK Darus Sholah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    INDRIANA WARIH WINDASARI - 130210205056.pdf (1.909Mb)
    Date
    2017-08-11
    Author
    Windasari, Indriana Warih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak usia dini merupakan individu yang berbeda, unik, dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Pada masa ini merupakan masa yang tepat untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak, salah satunya adalah perkembangan motorik. Pembelajaran motorik di sekolah akan membantu anak terampil dalam berbagai hal, misalnya dengan melatih kemampuan motorik halus anak maka koordinasi antara mata dan tanganpun menjadi baik sehingga anak mampu mengendalikan tangannya untuk melakukan berbagai hal. Salah satu hal yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan motorik halus anak adalah dengan kegiatan kolase. Kegiatan kolase atau biasa disebut dengan menempel merupakan suatu kegiatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada kelompok A5 di TK Darus Sholah Jember dapat diketahui dari 18 anak hanya 6 anak yang sudah cukup baik dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan motorik halus dan 12 lainnya masih belum baik. Hal ini disebabkan kurangnya penyampain kegiatan pada anak serta kurang bervariasinya kegiatan. Salah satu kegiatan yang dapat digunakan agar bervariasi adalah dengan kolase, melalui kegiatan ini anak akan belajar mengkoordinasikan antara tangan dan mata sehingga motorik halusnya juga dapat terlatih serta berkembang secara optimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagimanakah penerapan kegiatan kolase dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A5 di TK Darus Sholah Tegal Besar Jember tahun pelajaran 2016/ 2017 ?; dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok A5 melalui kegiatan kolase di TK Darus Sholah Tegal Besar Jember tahun pelajaran 2016/ 2017 ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan kegiatan kolase yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A5 di TK Darus Sholah Tegal Besar Jember tahun pelajaran 2016/ 2017; dan (2) meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A5 TK Darus Sholah Tegal Besar Jember tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini dilakukan di TK Darus Sholah Tegal Besar Jember. Subjek penlitian adalah anak kelompok A5 yang berjumlah 19 anak, terdiri dari 12 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan model penelitian tindakan Kemmis & McTaggart. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan unjuk kerja. Sedangkan analisis data yang digunakan ialah dekriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penerapan kegiatan kolase untuk meningkatkan kemapuan motorik halus anak kelompok A5 TK Darus Sholah Tegal Besar Jember tahun pelajaran 2016/ 2017 dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan menunjukkan gambar yang sudah di kolase sesuai dengan tema pembelajaran, lalu guru menjelaskan serta mendemonstrasikan cara membuat kolase kepada anak-anak. Untuk pelaksanaan siklus II sama dengan siklus I namun ada beberapa perbaikan yang perlu dilakukan pada siklus II. Berdasarkan penelitian terebut diperoleh rata-rata kelas pada kegiatan pra siklus 55,56, siklus I 72,36, dan siklus II 89,91. Kemampuan motorik halus anakpun dikatakan meningkat. Saran yang dapat diberikan yaitu, hendaknya guru menggunakan bahan tempel yang bermacam-macam untuk kegiatan kolase, kepala sekolah hendaknya menyarankan guru untuk menggunakan bahan tempel yang bermacam-macam untuk kegiatan kolase dan untuk peneliti lain diharapkan penelitian ini digunakan sebagai acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81040
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository