Show simple item record

dc.contributor.advisorDafik
dc.contributor.advisorHobri
dc.contributor.authorSyaibani, Hassan Asy
dc.date.accessioned2017-08-10T07:53:59Z
dc.date.available2017-08-10T07:53:59Z
dc.date.issued2017-08-10
dc.date.submitted
dc.identifier.nim150220101006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81025
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu faktor utama dalam perkembangan dan kemajuan dari suatu negara, terutama pendidikan pada tingkat universitas, karena pendidikan pada tingkat universitas memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satu bidang pendidikan yang selalu menarik untuk dibicarakan adalah ilmu matematika karena matematika menyajikan permasalahan-permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari ke dalam bahasa yang lebih sederhana. Untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang disajikan dalam matematika, peserta didik dituntut selalu meningkatkan kemampuan berpikir yang logis, analis, sistematis, kritis dan kreatif. Mengembangkan kemampuan berfikir kreatif pada mahasiswa merupakan hal yang sangat penting, hal ini disebabkan karena permasalahan dalam segala aspek kehidupan modern ini yang semakin kompleks. Penelitian ini membahas tentang pengembangan perangkat dengan menggunakan metode Research Based Learning untuk menganalisis kemampuan berfikir kreatif mahasiswa pada materi rainbow connection, sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang sudah dimodifikasi yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Dalam penelitian ini produk yang dikembangkan meliputi Rencana Pembelajaran, LKM, dan Tes Aktivitas Riset. Konsep pewarnaan rainbow connection sangat berbeda dari konsep pewarnaan graf biasa. Pada pewarnaan graf biasa, banyak pewarnaan yang dibutuhkan dapat dilihat dari seberapa besar degree dari suatu graf karena konsep pewarnaan ini mengharuskan sisi yang berdekatan tidak boleh memiliki warna yang sama, sedangkan konsep pewarnaan rainbow connection sangat berbeda. Pada materi ini, sisi yang bertetangga boleh memiliki warna yang sama dan lintasannya antara dua titik harus memiliki warna yang berbeda. Berdasarkan hasil validasi, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori valid ditunjukkan dengan koefisien validitas Modul Pembelajaran sebesar 3,7, Lembar Kerja Mahasiswa sebesar 3,65 dan Tes Aktivitas Riset sebesar 3,78 dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan valid. Sedangkan hasil uji coba lapangan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori praktis berdasarkan penilaian pengamatan aktivitas dosen, pada pertemuan pertama 90% dengan kategori baik, pada pertemuan kedua sebesar 85% dengan kategori baik, dan pada pertemuan ketiga sebesar 90% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis karena persentase aktivitas dosen mencapai ≥ 80%. Hasil penilaian TAR pada kelas A terdapat 30 mahasiswa dengan nilai diatas 80 dan 4 mahasiswa dengan nilai dibawah 80, sedangkan di kelas C terdapat 22 mahasiswa dengan nilai diatas 80 dan 8 mahasiswa dengan nilai dibawah 80. Hal ini berarti 88,23% mahasiswa kelas A telah tuntas hasil belajarnya, sedangkan di kelas C terdapat 73,33. Hasil ini sudah memenuhi target yang diharapkan oleh peneliti. Dari hasil analisis respon mahasiswa yang memberi respon positif mencapai 92,75%. Artinya secara umum mahasiswa telah menunjukkan respon baik terhadap proses pembelajaran dan penggunaan perangkat. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan, perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kualitas pengembangan yaitu valid, praktis, dan efektif sehingga perangkat pembelajaran ini dapat dikatakan baik. Sehingga dosen pengampu matakuliah pemodelan atau graf dapat menggunakan perangkat pembelajaran ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectRESEARCH BASED LEARNINGen_US
dc.subjectBERPIKIR KREATIF MAHASISWAen_US
dc.subjectMATERI RAINBOW CONNECTIONen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN RESEARCH BASED LEARNING UNTUK MENGANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DAN MENGHASILKAN MONOGRAF PADA MATERI RAINBOW CONNECTIONen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record