PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS TOPIK TEKNOLOGI TRANSPORTASI MASA LALU DAN MASA KINI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MAINAN DAN KARTU GAMBAR DI SDN KARANG PAITON JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012 SKRIPSDINI
Abstract
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran
Kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar pada mata pelajaran IPS
topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini pada siswa kelas IV semester
genap tahun pelajaran 2011-2012 dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rata-rata
persentase aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 59%, sedangkan pada siklus 2
persentase aktivitas belajar siswa mencapai 76%. Selanjutnya hasil belajar siswa pada
siklus 1 adalah 57% siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus 2 siswa yang tuntas
mencapai 87 %. Berdasarkan persentase tersebut maka penelitian dengan menerapkan
model pembelajaran kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar pada
mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Paiton Jember.
Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan agar penerapan model pembelajaran
kontekstual selain dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran
yang dianggap cocok digunakan dalam pembelajaran di kelas, khususnya mata
pelajaran IPS, juga dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran
yang lebih kreatif sehingga dapat meningkatkan motivasi pembelajaran yang lebih
inovatif dalam dunia pendidikan.