Pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu Terpadu melalui Gugus Kendali Mutu pada PT. TELKOM Kandatel Jember
Abstract
Berdasarkan basil penelitian dapat disimpulkan bahwa:
a. Perencanaan mengenai pelaksanaan sistern Manajemen Mutu TELKOM dalam Unit Kerja Terkecil (UKT ) yang identik dengan Gugus Kendali Mutu ( GKM ) yang ditetapkan oleh PT. TELKOM telah dapat dilaksanakan.
b. Pelaksanaan perencanaan PT TELKOM megenai pelaksanaan sistem Manajemen Multi TELKOM dalam Gugus Kendali Mutu meliputi:
I) Memetakan kebijakan mutu dan sasaran mutu ke unit kerja hingga UKT, meliputi:
a) Pensosialisasian kebijakan dengan mengenalkan dan memberi pemahaman mengenai mutu dan sasaran mutu kepada seluruh karyawan melalui pelatihan.
b) Membentuk Gugus Kendali Mutu berdasarkan unit kerja yang identik dengan UKT(Unit Kerja Terkecil)
c) Pemetaan kebijakan multi dan sasaran termuat dalam job deskriptif masing-masing unit kerja
2) Setiap unit kerja dan karyawan mengidentifikasi pelanggannya balk pelanggan internal maupun pelanggan ekstemal
Pelanggan internal adalah real consumer sedangkan pelauggan eksternal adalah pengguna output yang masih berada dalam
PT TELKOM sendiri dan berk.aitan dengan next process 3) Proses kerja ditransformasiican sampai dengan proses kerja terkecil
dan dilaksanakan secant konsisten untuk menjamin bahwa keluerannya bermutu Dalant Unit Kerja Terkecil terlihat artanya
dokumen sistem mutu yang disebut dengan petunjuk kerja