dc.description.abstract | Skripsi ini pada dasarnya merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk bahan ajar berupa LKS berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) pada pembelajaran fisika SMK di jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton dengan pokok bahasan usaha, energi, dan daya. Karakteristik siswa SMK yang cenderung menyukai kegitan praktik juga menjadi salah satu penyebab rendahnya nilai fisika. Agar proses pembelajaran fisika dapat berjalan dengan baik, diperlukan bahan ajar cetak berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang inovatif sesuai dengan karakter siswa SMK. Bahan ajar cetak berbentuk Lembar kerja siswa (LKS) adalah lembaran yang berisi uraian singkat materi dan tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat adalah salah satu pendekatan yang dapat menghubungkan materi yang dibahas dengan teknologi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. LKS berbasis STM dalam pembelajaran fisika di jurusan teknik konstruksi batu dan beton SMK merupakan LKS yang dikembangkan menggunakan pendekatan STM yang menunjang guru untuk menghubungkan materi sains dengan teknologi serta penerapannya di masyarakat dengan fenomena fisika yang disajikan berkaitan dengan jurusan teknik konstruksi batu dan beton. Berdasarkan uraian tersebut maka diperlukan penelitian pengembangan bahan ajar dengan tujuan (1) mendeskripsikan LKS berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat yang valid untuk pembelajaran fisika di SMK, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan LKS berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat untukpembelajaran fisika di SMK, dan (3) mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan LKS berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat dalam pembelajaran fisika di SMK.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang dilakukan sampai tahap ketiga. Kegiatan uji coba LKS berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat menggunakan desain siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember. Teknik perolehan data dalam penelitian ini adalah obervasi, tes, dokumentasi, dan angket.
Hasil analisis deskriptif untuk validitas logis LKS berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat pada materi usaha, energi, dan daya di SMK diperoleh sebesar 4,43 dan dikategorikan valid. Hasil analisis deskriptif validasi audience (hasil belajar) yang didapatkan setelah menggunakan LKS-Fisika berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat adalah nilai rata-rata akumulatif dari ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor adalah sebesar 76 dan dikategorikan baik. Hasil analisis deskriptif aktivitas belajar siswa diperoleh persentase secara klasikal sebesar 76,9 % dan dikategorikan aktif. Selanjutnya, Respon siswa terhadap LKS berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat secara klasikal memperoleh persentase sebesar 91,85 % dan dikategorikan sangat positif.
Berdasarkan hasil analisis data di yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa1) LKS berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat pada materi usaha, energi, dan daya di SMK dikategorikan valid dan hasil belajar akumulatif dari ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor dikategorikan baik, 2) aktivitas belajar siswa selama menggunakan LKS berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat pada materi usaha, energi, dan daya di SMK dikategorikan aktif, dan 3) Respon siswa terhadap LKS berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat dikategorikan sangat positif. | en_US |