• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODUL IPA SMP BERBASIS KONTEKSTUAL DISERTAI CONCEPT MAPPING (Studi pada Pokok Bahasan Perubahan Benda-benda di Sekitar Kita)

    Thumbnail
    View/Open
    Widya Nur Imami.pdf (3.332Mb)
    Date
    2017-08-10
    Author
    Imami, Widya Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam pelaksanaan pembelajaran IPA diperlukan perangkat pembelajaran yang mendukung, diantaranya bahan ajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru IPA SMP di Puger, guru masih mengalami kesulitan dalam merancang bahan ajar pembelajaran IPA yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Gambar/ilustrasi didalam buku paket belum banyak memberikan contoh-contoh yang berkaitan dengan kehidupan siswa, selain itu gambar yang disajikan juga tidak menarik dan belum kontekstual. Dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif, tidak bersemangat dan malas membaca sehingga hanya menunggu penjelasan dari guru saja. Bahan ajar yang digunakan selama ini masih belum dapat membantu siswa belajar secara mandiri dan lebih menekankan pada aspek kognitif. Hal ini relevan dangan hasil penyebaran angket di beberapa SMP Negeri Kabupaten Jember tentang pembelajaran IPA, bahwa lebih kurang dari 70% siswa kurang menyenangi pelajaran IPA dan tidak memahami aplikasi pelajaran IPA dalam kehidupan sehari-hari, menurut siswa tampilan buku yang siswa gunakan membosankan dan kurang menarik. Pembelajaran kontekstual berkaitan dengan situasi dunia nyata siswa, dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut strategi pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan ilmiah adalah Concept Mapping. Concept mapping (peta konsep) adalah suatu cara untuk memperlihatkan konsep-konsep dan proporsi-proporsi suatu materi yang akan dipelajari. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan modul IPA SMP berbasis kontekstual disertai concept mapping pada pokok bahasan perubahan benda-benda di sekitar ix kita. Sehingga, tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan validitas modul, mendeskripsikan efektivitas modul, mendeskripsikan respon siswa terhadap modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan produk berupa modul IPA SMP berbasis kontekstual disertai concept mapping pada pokok bahasan perubahan benda-benda di sekitar kita. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Sumber data dalam penelitian ini adalah lembar hasil validasi logic, validasi pengguna, lembar post-test siswa dan angket respon siswa terhadap modul. Responden dalam uji pengembangan ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Puger yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil validasi untuk validitas logis modul diperoleh sebesar 80,5% dengan tingkat validitas sangat valid. Sedangkan untuk validitas pengguna modul juga mencapai tingkat validitas sangat valid dengan skor 89,12%. Selanjutnya, modul yang dinyatakan sangat valid diuji keefektifannya melalui uji coba lapangan terbatas dan diperoleh skor efektifitas sebesar 93,6% dengan tingkat efektivitas sangat efektif, dan dari hasil analisis angket respon siswa menyatakan bahwa sebagian besar siswa setuju dengan dipergunakannya modul dalam pembelajaran IPA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80956
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository