• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B2 MELALUI TEKNIK MOZAIK DI TK JEMBER PERMAI 1 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    BINTI NUR AVIVAH_1.pdf (2.072Mb)
    Date
    2017-08-09
    Author
    AVIVAH, BINTI NUR
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Motorik halus merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Gerakan motorik halus membutukan kecermatan koordinasi mata dan tangan. Kegiatan yang memelukan kecermatan koordinasi mata dan tangan yaitu menempel. Menempel dapat dilakukan dengan menggunakan teknik mozaik. Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan bahwa dari 22 siswa hanya 5 anak yang mampu menempel bahan dengan baik, sedangkan 17 anak masih belum memiliki kemampuan yang baik dalam hal tersebut. Penyebab yang mendasari kemampuan motorik halus anak belum berkembang secara optimal yaitu kegiatan pembelajaran yang digunakan guru kurang berfariasi sehingga anak menjadi bosan. Guru hanya menggunakan kegiatan mewarnai dan menggambar, serta media yang sering digunakan yaitu majalah, untuk itu perlu adanya variasi penggunaan kegiatan pembelajaran yang lain yang menarik untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan menempel melalui teknik mozaik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan teknik mozaik untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B2 TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?; dan (2) bagaimanakah peningkatan peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B2 melalui teknik mozaik di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses penerapan teknik mozaik untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B2 di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B2 di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 22 anak, yang terbagi atas 7 anak perempuan dan 15 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Proses penerapan teknik mozaik untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B2 di TK Jember Permai 1 tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan cara guru menunjukkan karya mozaik pada anak didepan kelas, kemudian guru (peneliti) mendemonstrasikan teknik mozaik untuk membuat karya mozaik, guru meminta anak untuk memperhatikan penjelasan guru, kamudian guru meminta anak untuk membuat karya mozaik dengan cara yang sudah di contohkan oleh guru. Pelaksanaan pada siklus II hampir sama dengan siklus I akan tetapi ditambahkan perbaikan dari perencanaan yang ada pada siklus I. Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B2 TK Jember Permai 1 tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 62,12, siklus I 72,73, dan siklus II meningkata menjadi 83,71. Saran yang dapat disampaikan yaitu, guru untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak bisa menggunakan beberapa teknik salah satunya menggunakan teknik mozaik dalam pembelajaran peningkatan kemampuan motorik halus, kepala sekolah hendaknya menyarankan para guru untuk menggunakan teknik mozaik dalam pembelajaran peningkatan kemampuan motorik halus, dan untuk peneliti lain hendaknya menjadikan hasil penelitian sebagai acuan dalam penelitian sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80926
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository