| dc.description.abstract | Berdasarkan data observasi awal yang dilakukan pada tanggal 15 Agustus 2011 
di  kelas  VII  B  SMP  Negeri  2  Rambipuji,  ditemukan  aktivitas  belajar  dan  ketuntasan 
hasil belajar fisika siswa tergolong masih rendah. Berdasarkan hasil observasi awal, dari 
36  siswa  menunjukkan  hanya  18  siswa  yang  mendengarkan  penjelasan  guru,  15  siswa 
yang  mengerjakan  LKS,  tidak  ada  sama  sekali  siswa  yang  menjawab  pertanyaan  dari 
guru,  dan  13  siswa  yang  mencatat.  Ketuntasan  hasil  belajar  fisika  siswa  kelas  VII  B 
SMP Negeri 2 Rambipuji juga masih rendah. Berdasarkan data ulangan harian kelas VII 
B  dari  36  siswa  hanya  15  yang  mendapatkan nilai ≥ 65  sedangkan  21  siswa  lainnya 
mendapatkan nilai < 65.  
Berdasarkan  uraian  di  atas,  maka  diperlukan  perbaikan  pembelajaran  melalui 
penerapan  model  pembelajaran  Hands  On  Activity  dengan  Portofolio  Assessment. 
Pembelajaran dengan model Hands On Activity yaitu suatu model yang dirancang untuk 
melibatkan  siswa,  dalam  menggali  informasi  dan  bertanya,  beraktivitas  dan 
menemukan, mengumpulkan dan menganalisis serta membuat kesimpulan sendiri. Pada 
model  hands  on  activity,  siswa  dibagi  menjadi  6  kelompok,  setiap  kelompok 
mendapatkan  lembar  kerja  siswa  untuk  kegiatan  praktikum  tentang  topik  tertentu, 
selanjutnya  siswa  melakukan  praktikum,  siswa  melakukan  diskusi  dengan 
mempresentasikan  hasil  pengamatan  dan  membandingkannya  dengan  kelompok  lain 
dan dilanjutkan dengan meresume. Pada akhir pembelajaran guru melakukan portofolio 
assessment  terhadap  semua  bukti-bukti  belajar  siswa.  Kombinasi  model  Hands  On 
Activity    dengan  portofolio  assessment  dalam  pembelajaran  agar  siswa  lebih  tertarik 
dalam  mengikuti  pembelajaran  fisika,  karena  dengan  portofolio  assessment  guru  dapat 
merekam  semua  aktivitas  belajar  siswa.  Tujuan  dari  penelitian  ini  yaitu 
mendeskripsikan  peningkatan  aktivitas  belajar  dan  ketuntasan  hasil  belaja  fisika  siswa 
menggunakan model pembelajaran Hands On Activity dengan Portofolio Assessment. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah 
ditetapkan  di  kelas  VII  B  SMP  Negeri  2  Rambipuji  tahun  ajaran  2011-2012  yang 
dimulai  tanggal  15  Nopember  2011  sampai  dengan  30  Nopember  2011.  Metode 
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan 
tes.  Data  yang  didapatkan  adalah  aktivitas  guru  dan  aktivitas  siswa  selama  proses 
pembelajaran  berlangsung  dan  hasil  belajar  pada  siklus  I  dan  siklus  II  serta  hasil 
wawancara dengan guru bidang studi dan siswa.  
Data  tentang  keaktifan  belajar  siswa  diperoleh  dari  hasil  observasi  dengan 
instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil penilaian 
kognitif  proses,  kognitif  produk,  psikomotor  dan  penilaian  afektif.  Aktivitas  belajar 
siswa  dan  ketuntasan  belajar  fisika  siswa  dari  siklus  I  ke  siklus  II  mengalami 
peningkatan.  Aktifitas  belajar  siswa  yang  meliputi  memperhatikan  penjelasan  guru, 
melakukan  praktikum,  melakukan  diskusi  dan  kerjasama  dengan  kelompok  dalam 
praktikum  dan  pengerjaan  LKS,  menjawab  dan  meresume  mengalami  peningkatan. 
Berdasarkan analisis hasil belajar fisika pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar 
fisika  siswa  secara  klasikal  sebesar  72,2%,  siswa  yang  tuntas  belajar  secara  individu 
sebanyak  26  siswa  dan  10  siswa  yang  tidak  tuntas  secara  individu.  Sedangkan  pada 
siklus  II  diperoleh  ketuntasan  hasil  belajar  fisika  siswa  secara  klasikal  sebesar  83,3%, 
siswa  yang  tuntas  belajar  secara  individu  sebanyak  30  siswa  dan  6  siswa   yang  tidak 
tuntas  secara  individu.  Dari  hasil  di  atas  menunjukkan  bahwa  model  pembelajaran 
Hands  On  Activity  dengan  Portofolio  Assessment  dapat  digunakan  sebagai  alternatif 
pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan dapat memahami konsep fisika 
dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa. | en_US |