• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SDN JEMBER LOR 02

    Thumbnail
    View/Open
    Muhimmatun Nisa’ - 130210204090.pdf (7.138Mb)
    Date
    2017-08-04
    Author
    Nisa’, Muhimmatun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran di SDN Jember Lor 02 dalam menerapkan pendekatan scientific masih belum optimal pada tahap mengamati, mengasosiasi/ menalar, dan mengumpulkan informasi serta penggunaan model dan media pembelajaran kurang bervariasi, disamping itu siswa sulit memahami materi dan tugas yang telah diberikan. Hal tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TSTS berbantuan media TTS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B tema indahnya negeriku di SDN Jember Lor 02?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS pada tema indahnya negeriku di SDN Jember Lor 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS berjalan dengan lancar, sesuai dengan RPP yang telah disusun. Siswa menjadi lebih termotivasi dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Aktivitas belajar siswa pada prasiklus 35,3% dengan kriteria kurang aktif, pada siklus I meningkat menjadi 62,2% dengan kriteria cukup aktif. Aktivitas belajar siswa pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 86,3% dengan kriteria sangat aktif. Ranah afektif, kognitif, dan psikomotor siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Ranah afektif siswa prasiklus sebesar 51,9 dengan kriteria kurang, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 60 dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus II juga meningkat menjadi 79,8 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa dalam prasiklus sebesar 62 dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 70 dengan kriteria baik, pada siklus II juga meningkat menjadi 81,3 dengan kriteria sangat baik. Aspek psikomotor siswa pada prasiklus sebesar 67,6 dengan kriteria cukup, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 70,1 dengan kriteria baik, pada siklus II juga meningkat menjadi 80 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN Jember Lor 02. Saran bagi guru apabila menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan TTS yaitu saat menjelaskan materi pelajaran harus lebih menarik, sebelum menerapkan pembelajaran harus mengorganisasikan siswa dalam kelompok secara heterogen, dan bertindak lebih tegas apabila ada kelompok yang tidak bertamu ke kelompok lain, Soal TTS yang dibuat tidak terlalu banyak. Bagi peneliti, penerapan model pembelajaran dapat dipadukan dengan media, dan sebaiknya media yang digunakan lebih bervariasi dan lebih menarik. Bagi peneliti lain, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS sebagai sumber rujukan penelitian selanjutnya dengan tema dan kelas yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80846
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository