PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, KETANGGAPAN, HARGA DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KEPERCAYAAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KERAJINAN DANBO SECARA ONLINE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemudahan, Keamanan, Ketanggapan, Harga, Reputasi, Kepercayaan dan Keputusan Pembelian Kerajinan Danbo di Rumah Kerajinan Trebungan, Kabupaten Situbondo, disamping itu penelitian ini juga merupakan penelitian penjelasan (explanatory research) yang menganalisis pengaruh masing variabel eksogen terhadap variabel endogen
Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Situbondo tepatnya melalui Industri Rumah Kerajinan Trebungan, dengan jumlah populasi sebanyak 634 orang dan tekhnik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling” berdasarkan pembagian waktu, dengan jumlah sampel terpilih sebagai responden penelitian sebanyak 270 dari berbagai daerah di Indonesia yaitu Jawa,Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara.
Tekhnik analisis data menggunaka structural equation model (SEM), hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk uji pertama yaitu uji asumsi klasik tidak terjadi pelanggaran Normalitas, Outlier dan Multikolinier. Uji kesesuaian model / goodness of fit (GOF) juga memiliki kesesuaian model yang baik dan untuk hasil pengujian hipotesis,
Hipotesis 1 diterima dimana variabel Kemudahan (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepercayaan (Y1) dengan nilai koefisien strukutral sebesar 0,205, dengan nilai CR = 3,206 > 1,96 dan probabilitas = 0,001 < 0,05. Hipotesis 2 diterima, yang artinya bahwa variabel Keamanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepercayaan (Y1), hal tersebut diindikasikan oleh nilai koefisien strukutral sebesar 0,268, nilai CR = 4,047 > 1,96, selain itu nilai probabilitas = 0,00 < 0,05. Hipotesis 3 diterima, yaitu variabel Ketanggapan (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepercayaan (Y1), ini diindikasikan oleh nilai koefisien strukutral sebesar 0,140, dengan nilai sebesar CR = 1,999 > 1,96 dan probabilitas sebesar 0,046 < 0,05.
Hipotesis 4 diterima. Yang berarti bahwa variabel Harga (X4) berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan (Y1). Hal ini diindikasikan oleh nilai koefisien strukutral sebesar 0,292, nilai CR sebesar 3,784 > 1,96 dengan nilai probabilitas = 0,000 < 0,05. Hipotesis 5 diterima, yaitu variabel Reputasi (X5) berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan (Y1). hal tersebut dapat diindikasikan oleh nilai koefisien strukutral sebesar 0,245, selain itu nilai CR = 3,386 > 1,96 dan probabilitas
= 0,000 < 0,05. Hipotesis 6 ditolak, hal ini dapat disimpulkan variabel Kemudahan (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y2).Dilihat dari nilai koefisien strukutral sebesar -0,062, nilai CR = -1,939 < -1,96 dan probabilitas = 0,052 > 0,05. Hipotesis 7 diterima. yaitu variabel Keamanan (X2) berpengaruh signifikan negatif terhadap Keputusan Pembelian (Y2). Hal tersebut diindikasikan oleh diindikasikan oleh nilai koefisien strukutral -0,085 dengan nilai CR sebesar -2,457 > 1,96, untuk nilai probabilitas diperoleh sebesar 0,014 < 0,05.
Hipotesis 8 ditolak, disimpulkan bahwa variabel Ketanggapan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y2). Hal tersebut diindikasikan oleh nilai koefisien strukutral sebesar 0,014, sedangkan untuk nilai CR = 0,364 < 1,96 dan probabilitas = 0,716 > 0,05. Hipotesis 9 ditolak, yaitu bahwa variabel Harga (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y2). Hel tersebut dapat diindikasikan pada nilai koefisien strukutral sebesar -0,018, untuk nilai CR diperoleh sebesar -0,468 < 1,96 dan probabilitas = 0,640 > 0,05. Hipotesis 10 diterima. Disimpulkan bahwa variabel Reputasi (X5) berpengaruh signifikan negatif terhadap Keputusan Pembelian (Y2), diindikasikan oleh nilai koefisien strukutral -0,065, sedangkan untuk nilai CR yaitu sebesar -1,986 > 1,96 dan untuk nilai probabilitas sebesar 0,048< 0,05.
Hipotesis 11 diterima, yaitu variabel Kepercayaan (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y2). Hali ini diindikasikan oleh nilai koefisien strukutral sebesar 0,915, nilai CR sebesar 14,896 > nilai kritis pada level of significance α = 5% (1,96) dan probabilitas = 0,000 < 0,05. Dilihat dari pengaruh Kemudahan, Keamanan, Ketanggapan, Harga, Reputasi terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan maka seluruh variabel eksogen dinyatakan berpengaruh positif signifikan, yang artinya jika nilai variabel eksogen naik maka variabel keputusan pembelian juga akan naik namun pengaruh harus dibangun melalui variebel kepercayaan terlebih dahulu (secara tidak langsung), untuk menciptakan jumlah keputusan pembelian produk kerajinan danbo yang tinggi.
Collections
- MT-Management [539]