dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini yaitu membuktikan secara signifikan pengaruh secara
langsung kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap kinerja maupun
pengaruh secara tidak langsung kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual
terhadap kinerja tenaga kependidikan melalui kepuasan kerja. Jenis penelitian ini
termasuk explanatorry research dengan pendekatan kuantitatif dan sampel
sebanyak 154 responden yaitu tenaga kependidikan di Kantor Pusat UNEJ. Guna
menganalisis hubungan kausal antar variabel dan menguji hipotesis, maka alat
analisis yang digunakan adalah analisis model persamaan struktural (Structural
Equation Modeling, SEM).
Berdasarkan hasil analisis model persamaan (Structural Equation Modeling,
SEM) diketahui bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan kerja dengan jalur positif sebesar 0,166 dengan C.R sebesar
2,022 dan probabilitas (p) sebesar 0,022; kecerdasan emosional berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan jalur positif sebesar 0,270 dengan
C.R sebesar 2,213 dan probabilitas (p) sebesar 0,014: kecerdasan spiritual
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan jalur positif
sebesar 0,057 dengan C.R sebesar 2,192 dan probabilitas (p) sebesar 0,015:
kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dengan
jalur positif sebesar 0,038 dengan C.R sebesar 3,167 dan probabilitas (p) sebesar
0,001; kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
(Y1) dengan jalur positif sebesar 0,087 dengan C.R sebesar 2,417 dan probabilitas
(p) sebesar 0,008; kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja dengan jalur positif sebesar 0,576 dengan C.R sebesar 3,349 dan
probabilitas (p) sebesar 0,041; kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja dengan jalur positif sebesar 0,220 dengan C.R sebesar 2,895 dan
probabilitas (p) sebesar 0,004. | en_US |