• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK KELOMPOK B2 MELALUISIMULATION GAMEDENGAN MEDIAFLASH CARDDI TK DARUS SHOLAH KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    IKHA DURROTUN NASIKHAH - 130210205074.pdf (1.275Mb)
    Date
    2017-08-04
    Author
    NASIKHAH, IKHA DURROTUN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kebijakan tentang dimungkinkannya bahasa Inggris untuk anak usia dini sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal terdapat pada SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 060/U/1993 tanggal 25 Februari 1993 (dalam Suyanto, 2010:2). Kebijakan ini telah ditanggapi secara positif dan luas oleh masyarakat, termasuk lembaga pendidikan anak usia dini yang merasa memerlukan dan mampu untuk menyelenggarakan pengajaran bahasa Inggris, salah satunya yaitu TK Darus Sholah. Pembelajaran bahasa Inggris dirasa belum berkembang karena kurang menariknya metode dan media yang digunakan. Peningkatan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini dilakukan dengan menciptakan situasi yang memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan kemampuan kosakata bahasa Inggrisnya. Kesempatan ini dilakukan melalui simulation game dengan media flash card. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di kelompok B2 TK Darus Sholah, dari 20 siswa terdapat 9 anak dalam kemampuan kosakata bahasa Inggrisnya belum berkembang. Anak-anak tersebut mengalami kesulitan dalam ketepatan mengucapkan kosakata bahasa Inggris, menjawab pertanyaan, serta bertindak sesuai perintah. Mengatasi permasalahan yang timbul dalam pembelajaran di kelas B2 maka dilakukan perbaikan dalam pembelajaran dengan kegiatan yang menyenangkan dan menggunakan media yang menarik perhatian anak. Melalui simulation game dengan media flash card dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak karena dapat belajar sambil bermain serta mengenal kosakata terlebih dahulu melalui flash card yang ditunjukkan sebelum bermain. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimanakah penerapan simulation game dengan media flash card yang dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B2 di TK Darus Sholah Kaliwates Jemer Tahun Pelajaran 2016/2017; dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B2 melalui simulation game dengan media flash card di TK Darus Sholah Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penerapan simulation game dengan media flash card yang dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B2 di TK Darus Sholah Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; dan (2) meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B2 melalui simulation game dengan media flash card di TK Darus Sholah Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Proses penerapan simulation game dengan media flash card untuk meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B2 dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan cara mengenalkan kosakata bahasa Inggris dengan media flash card terlebih dahulu, setelah anak mengerti kemudian diberitahu simulation game yang akan dilaksanakan dan membentuk kelompok. Setelah selesai, anak diberi lembar kerja siswa yang berkaitan dengan kemampuan kosakata bahasa Inggris dan dikerjakan sampai selesai. Setelah istirahat, anak ditanya kembali mengenai koskata yang telah diajarkan. Pelaksanaan pada siklus II hampir sama dengan siklus I akan tetapi ditambahkan perbaikan dari perencanaan yang ada pada siklus I. Peningkatan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B2 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 67.66, siklus I 78, dan siklus II meningkat menjadi 86. Saran yang dapat disampaikan yaitu, hendaknya guru menggunakan simulation game dengan media flash card sebagai salah satu alternatif dalam memilih kegiatan pembelajaran meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak, guru juga dapat menggunakan bermacam-macam flash card yang sesuai dengan kegiatan simulation game agar kemampuan kosakata anak lebih berkembang dan tertarik untuk belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80830
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository