• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Fatmawati.pdf (8.098Mb)
    Date
    2017-08-04
    Author
    Fatmawati, Ika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas dan observasi pada tanggal 29 November 2016, menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukowono 04 Jember kurang maksimal. Menurut beliau siswa kesulitan dalam memahami soal pemecahan masalah berupa sal cerita sehingga guru harus selalu mengulang-ngulang materi yang telah dijelaskan. Hal ini karena guru dalam menjelaskan soal cerita kepada siswa tidak menggunakan pendekatan pemecahan masalah melainkan bercerita atau ceramah. Aktivitas siswa pada saat mengerjakan soal pemecahan masalah hanya terfokus pada proses perhitungan saja, sehingga siswa tidak bisa mengemukakan idenya atau mencoba menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan langkah-langkah pendekatan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil dokumentasi nilai ujian akhir semester I 2016/2017 bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang terdiri dari 39 siswa mencapai 69 dengan kriteria cukup Berdasarkan latar belakang di atas, maka dilakukan penelitian dengan judul peningkatan aktivitas dan hasil belajar pokok bahasan pecahan dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimanakah penerapan pendekatan pemecahan masalah pada pokok bahasan pecahan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar?, 2) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah pada pokok bahasan pecahan?, 3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah pada pokok bahasan pecahan? Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I dilakukan sebanyak 4 pertemuan dan siklus II dilakukan sebanyak 3 pertemuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan pada siklus I. Target pencapaian aktivitas dan hasil belajar siswa masing-masing berada pada kriteria aktif dan baik. Penelitian dilaksanakan di SDN Sukowono 04 Jember. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester 2 tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 39 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penelitiann ini, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukowono 04 Jember mengalami peningkatan dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa terjadi pada siklus 2 karena pada siklus 1 siswa masih belum memahami langkah-langkah pendekatan pemecahan masalah dengan baik dan siswa masih belum terbiasa menggunakan langkah-langkah pendekatan pemcahan masalah. Langkah pada pendekatan pemecahan masalah yang sulit dilaksanakan adalah melaksanakan rencana karena siswa merasa sulit menebak dan menyusun bilangan pecahan pada setiap sisi yang nantinya jika dijumlahkan setiap sisinya berjumlah sama. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mencapai 51,06% dengan kriteri cukup aktif. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus 2 sudah mulai meningkat mencapai 75,42% dengan kriteria aktif. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 60,75 dengan kriteria cukup baik dan pada siklus 2 meningkat menjadi 71,05 dengan kriteria baik. Peningkatan hasil belajar tidak begitu tinggi karena sebagian siswa masih sulit menemukan jawaban dari soal pemecahan masalah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Saran yang diberikan adalah siswa harus dibiasakan untuk menggunakan langkah-langkah pendekatan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah agar siswa lebih memahami lagi langkah-langkah tersebut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80820
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository