PENINGKATAN KREATIVITAS SENI RUPA ANAK KELOMPOK B2 MELALUI METODE DEMONSTRASI MENCETAK DENGAN BAHAN ALAM DI RA PERWANIDA I SRONO KECAMATAN SRONO KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Salah satu aspek yang dapat dikembangkan yaitu seni. Melalui seni
seorang anak akan memiliki pengalaman, pengetahuan serta keterampilan untuk
berimajinasi, aktif, kreatif sebagai proses belajar mereka. Salah satu kegiatan
berkesenian yang paling disukai anak-anak adalah menggambar. Namun melalui
seni anak tidak dibentuk untuk menjadi seorang seniman, namun bagaimana
seorang anak mampu memecahkan masalah lewat bahasa rupa. Anak dituntun
untuk memiliki kreativitas agar bahasa rupa yang diciptakan bisa lain daripada
yang lain. Berdasarkan hasil observasi di RA PERWANIDA I Srono kelompok
B2 dilihat dari indikator tingkat pencapaian perkembangan yang didapat dari data
hasil unjuk kerja anak dalam bidang keterampilan melalui kegiatan kolase,
kreativitas anak masih rendah atau masih dalam kategori mulai berkembang.
Beberapa aspek yang belum berkembang, diantaranya aspek kelancaran, keaslian,
keuletan. Artinya dari 14 anak 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan dalam satu
kelas, terdapat 2 anak kreativitasnya baik dan 12 anak kategori kreativitasnya
masih kurang. Untuk itu harus ada variasi kegiatan untuk meningkatkan
kreativitas agar berkembang dengan baik dan tidak diabaikan. Kegiatan yang
dimaksud adalah kegiatan mencetak dengan bahan alam.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka ruusan masalah dalam
penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode demonstrasi mencetak
dengan bahan alam dapat meningkatkan kreativitas seni rupa anak kelompok B2
RA PERWANIDA I Srono Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun
Pelajaran 2016/2017?; dan (2) bagaimanakah peningkatan kreativitas seni rupa
anak kelompok B2 melalui metode demonstrasi mencetak dengan bahan alam di
RA PERWANIDA I Srono Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun
Pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan
penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi
mencetak dengan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas seni rupa anak
kelompok B2 RA PERWANIDA I Srono Kecamatan Srono Kabupaten
Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan kreativitas seni rupa
anak kelompok B2 melalui metode demonstrasi mencetak dengan bahan alam di
RA PERWANIDA I Srono Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun
Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di RA PERWANIDA I Srono Kecamatan Srono
Kabupaten Banyuwangi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 yang
berjumlah 14 anak, terbagi atas 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model
penelitian Suharsimi Arikunto. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali tatap muka
dan siklus II terdiri dari satu kali tatap muka. Settiap siklus terdiri dari empat
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode
pengumpul data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan
tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
data kuantitatif dan kualitatif.
Pelaksanaan siklus I dilakukan dengan cara guru mendemonstrasikan
kegiatan mencetak mulai dari pengenalan warna sampai bagaimana cara
menggunakan alat cetak supaya bisa membuat bentuk yang bagus. Pelaksanaan
siklus II hampir sama dengan siklus I, akan tetapi ada perbaikan dari perencanaan
dan perlakukan di dalam kelas dari siklus I. Peningkatan kreativitas anak
kelompok B2 RA PERWANIDA I Srono tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat
dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 51,79, siklus I PI 59,54, siklus I
PII 72,85, siklus II 81,92. Saran yang disampaikan yaitu guru hendaknya
mengembangkan kreativitas lebih lanjut dengan kegiatan lain yang juga bermakna
bagi anak. serta hendaknya kepala sekolah memotivasi dan memberikan fasilitas
untuk menunjang pengembangan kreativitas. Bagi peniliti lain hendaknya
menjadikan hasil penelitian sebagai acuan dalam penelitian sejenis.