• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATANKEMAMPUAN BERBICARAMELALUIMETODE SOSIODRAMA PADAANAK KELOMPOK B2DITK DHARMA INDRIAII KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Frenti Kharisma Sari - 130210205065.pdf (1.428Mb)
    Date
    2017-08-04
    Author
    Sari, Frenti Kharisma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan Berbicara merupakan kemampuan yang harus diajarkan dan dikuasai oleh anak karena melalui berbicara dapat memberikan informasi kepada pendengar. Kemampuan berbicara anak mercerminkan keterampilan berbahasa yang bersifat ekspresif dan produktif lisan. Penguasaan kemampuan berbicara anak yang berada pada rentang usia 4-5 yaitu anak mampu untuk mengungkapkan gagasan yang telah dimiliki anak, Tiel (2007:148) Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi awal di TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember bahwa kemampuan berbicara anak kelompok B2 rendah karena anak-anak kesulitan dalam mengungkapkan gagasan, anak kesulitan dalam memahami dan menceritakan kembali isi cerita, dan guru masih menggnakan metode bercerita dan tanya jawab, dalam mengajarkan kepada anak. Salah satu alternatif pemecahan masalah yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak adalah merapkan metode sosiodrama. metode sosiodrama dipilih karena dapat meningkatkan rasa percaya dii, mengungkapkan gagasan anak, menjelaskan informasi kepada anak, menarik dalam pelasanaanya. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B2 di TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? dan 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B2 melalui metode sosiodrama di TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah: 1) menerapkan metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B2 di TK Dharma Indria II, dan 2) meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B2 melalui metode Sosiodrama di TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart dengan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpul data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode sosiodrama yang bisa meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B2 di TK Dharma Indria II adalah anak dapat menunjukkan gerak-gerik dan mimik ekspesi wajah, anak dapat menggunakan pilihan kata yang jelas dan tidak beraturan, anak melaksanakan sosiodrama dengan lancar, tetapi anak masih belum berani melakukan sosiodrama dengan lantang. Siklus II kegiatan sosiodrama anak sudah dapat menunjukkan sikap berani untuk tampil didepan dengan dilengkapi penambahan property untuk mendukung kegiatan drama supaya anak lebih tertarik. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 68,45 dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar anak mencapai 81,92. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke II sebesar 13,47. Saran bagi guru, hendaknya dapat menerapkan metode sosiodrama sebagai alternatif dalam proses pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80795
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository