Show simple item record

dc.contributor.authorRiani, Febri
dc.date.accessioned2017-08-04T03:00:05Z
dc.date.available2017-08-04T03:00:05Z
dc.date.issued2017-08-04
dc.identifier.nim130210204051
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80781
dc.description.abstractSalah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah pemilihan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa, sehingga tujunan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Berdasarkan observasi dan wawancara terhadap guru, diperoleh bahwa model/metode pembelajaran yang digunakan kurang optimal karena metode yang digunakan guru di dalam kelas yaitu metode ceramah dan penugasan. Berdasarkan data hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan pada hari Kamis, 8 Desember 2016 di kelas IV SDN Plalangan 02 Jember, maka diperlukan penerapan pembelajaran yang mampu membuat siswa lebih aktif, sehingga berdampak pada hasil belajar yang baik pula. Salah satunnya yaitu pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penerapan pembelajaran ini menggunakan kartu sebagai media untuk mengatur pola interaksi siswa dalam kelompok belajar dan diharapkan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran matematika materi konsep pecahan dan urutannya di SDN Plalangan 02 Jember semester II tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SDN Plalangan 02 Jember. Penelitian dilakukan selama 2 siklus, siklus 1 terdiri dari 3 pertemuan sedangkan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe make a match pembelajaran dapat berjalan dengan baik dari tahap pembagian kelompok, pembagian kartu soal dan kartu jawaban, menemukan pasangan kartu, mempresentasikan. Meskipun aktivitas bertanya dan berpendapat masih berjalan kurang baik. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan berhitung dan memudahkan siswa memahami konsep pecahan dan urutannya. Dibuktikan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,8 ( kriteria cukup), sedangkan pada siklus II sebesar 74,33 (kriteria baik). Peningkatan rata-rata hasil belajar dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 4,8, sedangkan peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus II sebesar 7,53. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematikan materi konsep pecahan dan urutannya siswa kelas IV SDN Plalangan 02 Jember semester II tahun pelajaran 2016/2017. Saran yang perlu dipertimbangkan dari penelitian ini bagi guru, adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam penelitian ini hendaknya dapat dijadikan referensi untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam pembelajaran matematika dengan lebih memotivasi siswa agar berani bertannya dan berpendapat. Bagi pihak sekolah hendaknya mengupayakan adanya pandangan saran dan prasaranna yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik lagi, serta bagi peneliti lain dapat dijadikan referensi bacaan untuk dikembangkan dalam penelitian selanjutnya khususnya penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCHen_US
dc.subjectKONSEP PECAHAN DAN URUTANNYAen_US
dc.subjectSISWA SDN PLALANGAN 2 JEMBERen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KONSEP PECAHAN DAN URUTANNYA SISWA KELAS IV SDN PLALANGAN 02 JEMBER TAHUN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record