dc.description.abstract | Keberhasilan suatu pembelajaran dalam pendidikan merupakan tanggung
jawab seorang pendidik. Seorang pendidik harus menguasai tentang metode
mengajar, model pembelajaran dan media yang cocok untuk digunakan dalam
pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SDN Bintoro 02 Jember kelas IV.
Pada tanggal 24 Februari 2017.Masih banyak siswa yang berbicara sendiri dan
tidak mendengarkan guru menjelaskan didepan kelas. Hasil wawancara yang telah
dilakukan kepada guru kelas IV SDN Bintoro 02 Jember bahwa proses dan hasil
pembelajaran IPS masih belum terlaksana dengan baik dan optimal karena siswa
masih pasif dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru saat proses
pembelajaran berlangsung. Sehingga membuat hasil belajar siswa rendah.
Berdasarkan beberapa permasalahan yang telah diuraikan peneliti yang akan
dilakukan adalah “penerapkan Metode Diskusi Berbantuan Media Gambar untuk
Meningkatkan Aktvitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPS
Pokok Bahasan Permasalahan Sosial di Lingkungan Sekitar SDN Bintoro 02
Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017”. Tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reasearch). Pada penelitian ini,
tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus meliputi empat
tahapan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4)
refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bintoro 02 Jember pada semester
genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitiannya adalah 23 siswa kelas IV
yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Siklus I dilaksanakan
selama dua kali pertemuan, kemudian dilanjutkan dengan tes hasil belajar pada
akhir siklus. Siklus II dilaksanakan hanya satu kali pertemuan dan dilanjutkan
dengan tes hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode wawancara, observasi, dokumen dan tes.
Pada penerapan metode diskusi berbantuan media gambar dilaksanakan
dengan baik pada siklus I dan II. Namun pada pembelajaran yang sedang
berlangsung ada kendala yang dihadapi yaitu ada siswa yang tidak mau berkerja
sama dengan teman kelompoknya, ada siswa yang malu ketika diminta untuk
membacakan hasil diskusinya didepann kelas. Pada saat guru mengajukan
pertanyaan siswa sudah berani mengacungkan tangan untuk menjawab pertayaan.
Hasil analisis observasi diperoleh bahwa pada siklus I aktivitas dan hasil
belajar siswa meningkat dibandingkan dengan pra siklus. Begitu pula dengan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat dibandingkan siklus I.
Aktivitas belajar siswa pada pra siklus 47,5 (kriteria cukup) mengalami
peningkatan sebesar 17,7 meningkat menjadi 65,2 (kriteria aktif) pada siklus I dan
mengalami peningkatan sebesar 15,9 pada siklus II meningkat menjadi 81,1
(kriteria sangat aktif). Sedangkan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 57
(kriteria kurang) mengalami peningkatan sebesar 13 pada siklus I meningkat
menjadi 70 (kriteria baik) dan mengalami peningkatan sebesar 11 meningkat
menjadi 81 (kriteria sangat baik) pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
penerapanm metode diskusi berbantuan media gambar mampu meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada kelas IV SDN
Bintoro 02 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Saran yang
diberikan kepada guru adalah dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran
yang inovatif yang dapat diterapkan oleh guru agar pembelajaran lebih bermakna
dan membuat siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. | en_US |