Show simple item record

dc.contributor.advisorWIJAYA, Dodi
dc.contributor.advisorRIFAI, Ahmad
dc.contributor.authorARFAJAH
dc.date.accessioned2017-08-04T02:16:47Z
dc.date.available2017-08-04T02:16:47Z
dc.date.issued2017-08-04
dc.identifier.nimNIM152310101335
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80755
dc.description.abstractKepuasan pasien dapat ditingkatkan dengan kinerja perawat yang didasari kecerdasan emosional tinggi sehingga mendorong pelayanan keperawatan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan kecerdasan emosional perawat dengan kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik menggunakan metode cross sectional dengan teknik systematic random sampling. Populasi penelitian ini sebanyak 12.037 pasien dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 373 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi-Square. Sebanyak 53,1% menurut pasien perawat memiliki kecedasan emosional dalam kategori kurang dan sebanyak 53,4% pasien merasa kurang puas. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosonal perawat dengan kepuasan pasien rawat jalan (p value = 0,004: CI 95%). Perawat yang memiliki kecerdasan emosional dalam kategori baik berpeluang membuat 1,87 pasien kali kepuasan pasien dalam kategori baik. Kecerdasan emosional perawat terbukti meningkatkan kepuasan pasien memberikan manfaat diantaranya: Memberi pengalaman yang baik bagi perawat untuk selanjutnya, hubungan antara institusi pelayanan kesehatan dengan pelanggan menjadi harmonis, menciptakan loyalitas pelanggan, membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan pelayanan kesehatan, citra pelayanan keperawatan menjadi lebih baik dimata pasien; dan menambah income yang diperoleh rumah sakit.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries152310101335;
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.subjectKepuasan Pasienen_US
dc.subjectPasien Rawat Jalanen_US
dc.titleHUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT DAERAH dr. SOEBANDI JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record