dc.description.abstract | Kepuasan pasien dapat ditingkatkan dengan kinerja perawat yang didasari
kecerdasan emosional tinggi sehingga mendorong pelayanan keperawatan yang
berkualitas. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan kecerdasan emosional
perawat dengan kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi
Jember. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik menggunakan metode
cross sectional dengan teknik systematic random sampling. Populasi penelitian ini
sebanyak 12.037 pasien dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 373 responden.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi-Square.
Sebanyak 53,1% menurut pasien perawat memiliki kecedasan emosional dalam
kategori kurang dan sebanyak 53,4% pasien merasa kurang puas. Hasil penelitian
didapatkan ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosonal perawat
dengan kepuasan pasien rawat jalan (p value = 0,004: CI 95%). Perawat yang
memiliki kecerdasan emosional dalam kategori baik berpeluang membuat 1,87
pasien kali kepuasan pasien dalam kategori baik. Kecerdasan emosional perawat
terbukti meningkatkan kepuasan pasien memberikan manfaat diantaranya:
Memberi pengalaman yang baik bagi perawat untuk selanjutnya, hubungan antara
institusi pelayanan kesehatan dengan pelanggan menjadi harmonis, menciptakan
loyalitas pelanggan, membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang
menguntungkan pelayanan kesehatan, citra pelayanan keperawatan menjadi lebih
baik dimata pasien; dan menambah income yang diperoleh rumah sakit. | en_US |