• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    RANCANG BANGUN ALAT PEMREDIKSI JANGKAUAN JARAK DAN WAKTU TEMPUH MAKSIMUM KENDARAAN BERMOTOR BERDASARKAN JUMLAH BAHAN BAKAR YANG TERSEDIA DENGAN MIKROKONTROLER

    Thumbnail
    View/Open
    Ahmad Ridlo Hanifudin Tahier - 121810201056_.pdf (1.194Mb)
    Date
    2017-08-04
    Author
    TAHIER, Ahmad Ridlo Hanifudin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kendaraan bermotor saat ini merupakan salah satu sarana transportasi yang paling umum digunakan di Indonesia. Sayangnya masih banyak kendaraan jenis sepeda motor tersebut tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas sistem pengukuran yang presisi, salah satunya pada sistem indikator bahan bakar. Seringkali pengguna kendaraan bermotor kehabisan bahan bakar dan harus mendorong kendaraannya yang mati karena penyampaian informasi yang kurang detail. Oleh karena itu indikator bahan bakar yang akurat menjadi sangat penting demi menambah kenyamanan dalam berkendara. Penulis mempunyai gagasan penampil jumlah bahan bakar yang tersedia sekaligus alat pemrediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum berdasarkan volume yang tersedia. Alat ini dirancang untuk memberikan tampilan volume kendaraan bahan bakar sepeda motor dalam tangki, jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum. Hasil kontruksi menggunakan sensor infrared GP2Y0A41SK0F sebagai sensor jarak, pengolah data Mikrokontroler dengan Arduino dan LCD 2 x 16 sebagai penampil. Kemudian input tinggi permukaan digunakan untuk mencari nilai volume dan prediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum kendaraan bermotor. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan kontruksi sistem pemrediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum kendaraan bermotor berdasarkan volume bahan bakar yang tersedia. Sistem dapat menampilkan jumlah volume bahan bakar yang tersedia, prediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum kendaraan bermotor. Inovasi sistem pengukuran ini mampu menambah kenyamanan pengguna kendaraan bermotor dalam berkendara. Pengendara tidak harus kebingungan menentukan kapan mengisi bahan bakar kendaraan. Secara umum, bisa dikatakan sistem pemrediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum sudah berjalan dengan baik karena penyimpangan yang didapat antara prediksi sistem dengan kenyataan tidak terlalu besar. Hasil pengujian sistem secara keseluruhan mampu memprediksi jarak tempuh maksimum kendaraan dengan baik. Penyimpangan pada pembacaan volume antara sistem dan kenyataan adalah sebesar 4,18 %. Sedangkan penyimpangan pada prediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum masing-masing adalah sebesar 6,2 % dan 11,92 %. Berdasarkan hasil tersebut, bisa dikatakan alat pemrediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum memiliki akurasi yang baik karena penyimpangan dari sistem tidak melebihi batas toleransi 25%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80735
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3427]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository