PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK JEMBER PERMAI 1 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Proses penerapan kegiatan finger painting untuk meningkatkan kreativitas
anak kelompok B2 TK Jember Permai 1 Sumbersari Jember tahun pelajaran
2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus dilakukan
dalam 1 kali pertemuan. Siklus I dilakukan dengan cara menunjukkan hasil
lukisan finger painting di depan kelas, kemudian guru mendemonstrasikan cara
melakukan kegiatan finger painting mulai dari menyampaikan gagasan,
melukiskan gagasannya sendiri menggunakan jari yang sudah dicelupakn pada
bubur warna, dan menceritakan hasil lukisan yang telah dibuat. Kemudian guru
meminta anak untuk membuat lukisan menggunakan jari sesuai dengan gagasan
anak. Pelaksanaan siklus II hampir sama dengan siklus I, tetapi ditambahkan
perbaikan dari perencanaan yang ada pada siklus I. Peningkatan kreativitas anak
kelompok B2 di TK Jember Permai 1 dapat dilihat dari perolehan hasil nilai ratarata
kelas pada pra siklus yaitu 59,47, pada siklus I diperoleh hasil 69,31, dan
pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,68.
Saran yang dapat disampaikan yaitu, untuk meningkatkan kreativitas anak
guru bisa menggunakan kegiatan yang menarik seperti finger painting. Kepala
sekolah hendaknya mendorong dan memfasilitasi dalam pengembangan
kreativitas menggunakan kegiatan finger painting, dan untuk peneliti lain
hendaknya menjadikan hasil penelitian sebagai acuan dan referensi dalam
penelitian sejenis.