TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN PERMASALAHAN POLA BILANGAN DAN GENERALISASINYA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING
Abstract
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa semua
tingkat berpikir kreatif dapat ditemukan di kelas IX C SMP Nuris Jember, yaitu
17 siswa dengan TBK 4 (sangat kreatif), 5 siswa dengan TBK 3 (kreatif), 1 siswa
dengan TBK 2 (cukup kreatif), 9 siswa dengan TBK 1 (kurang kreatif), dan 6
siswa dengan TBK 0 (tidak kreatif). Siswa pada TBK 4 memenuhi tiga komponen
berpikir kreatif, yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Siswa pada TBK 3
hanya memenuhi 2 komponen berpikir kreatif yaitu kefasihan dan fleksibilitas.
Siswa pada TBK 2 hanya memenuhi 1 komponen berpikir kreatif yaitu
fleksibilitas. Siswa pada TBK 1 hanya memenuhi 1 komponen berpikir kreatif
yaitu kefasihan. Siswa pada TBK 0 tidak dapat memenuhi semua komponen
berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Persentase jumlah
siswa pada masing-masing TBK berturut-turut adalah 44,74%; 13,16%; 2,63%;
23,68%; dan 15,79%.