dc.description.abstract | Setelah dilakukan analisis terhadap hasil tes, kemudian dilakukan
wawancara dan didapatkan kesimpulan bahwa dari ketujuh indikator yang
dirumuskan untuk mengetahui profil berpikir kritis siswa enam indikator dapat
dipenuhi oleh siswa. Siswa mampu menganalisis informasi dan tujuan yang
dimaksud oleh soal, hal itu tentu mengindikasikan bahwa siswa membaca dan
memahami soal dengan seksama sehingga siswa mampu membuat analisa yang
sesuai dengan soal yang diberikan. Dalam memberikan asumsi tentang persoalan,
siswa juga mampu menanggapi apa yang dimaksudkan oleh soal dengan benar.
Siswa mampu memberikan gambaran cara dan strategi yang akan digunakan
untuk mencari solusi dari persoalan yang diberikan, sehingga asumsi yang telah
dibuat oleh siswa dapat dijadikan acuan bagi mereka untuk melakukan rencana
dalam menemukan solusi dari soal. Siswa juga dapat menentukan solusi dengan
langkah-langkah yang teratur dan menggunakan cara yang mudah dipahami serta
mampu untuk melakukan perhitungan dengan benar. Meski begitu siswa hanya
menggunakan satu cara dalam menentukan solusi permasalahan, siswa tidak
menuliskan alternatif cara lain untuk menemukan solusi yang dimaksudkan oleh
soal.
Siswa tidak menuliskan cara lain yang dapat digunakan untuk menentukan
solusi namun setelah melakukan wawancara, siswa menyebutkan bahwa ada cara
lain yang dapat digunakan untuk menemukan solusi persoalan, namun tidak
digunakan dengan alasan waktu yang kurang sehingga peneliti menganggap
bahwa siswa belum dapat menemukan dan menggunakan alternatif cara lain
dalam menemukan solusi. Untuk indikator selanjutnya yaitu menuliskan solusi
penyelesaian, semua siswa sudah mampu memenuhi indikator tersebut. Hal itu
dibuktikan dengan memperhatikan lembar jawaban dan hasil wawancara dimana
semua siswa mampu menyebutkan solusi dari persoalan yang diberikan dengan
benar. Dalam menarik kesimpulan siswa juga memenuhinya dengan baik, semua
siswa mampu memberikan kesimpulan yang sejalan dengan apa yang
dimaksudkan oleh soal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII A
mampu untuk menganalisa soal dengan baik meskipun belum dapat menemukan
alternatif penyelesaian lain dalam pekerjaannya. | en_US |