• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT DI KELAS IV SDN ANTIROGO 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Anggy Riski Dwi Putra - 120210204160_.pdf (2.058Mb)
    Date
    2017-08-02
    Author
    PUTRA, Anggy Riski Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukan penerapan pendekatan saintifik menggunakan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat di ketahui dari perbandingan Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Persentase belajar aktivitas belajar siswa dari prasiklus 45,16%, Siklus I sebesar 62,58% dan siklus II sebesar 75,41%, aktivitas belajar dari prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 17,42%, sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,59% Secara klasikal memenuhi kriteria yang di tetapkan yaitu aktif. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 7,63 yaitu dari 60 menjadi 67,63, sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7,78 menjadi 75,41. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik menggunakan media video pada pokok bahasan perubahan kenampakan bumi dan benda langit secara keseluran berjalan lancar dan baik. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: a) Bagi guru, dengan penggunaan Media Audio Visual dapat dijadikan alternatif untuk pembelajaran IPA guna untuk meningkatkan aktivitas dan juga hasil siswa. Tidak hanya mata pelajaran IPA, namun penggunaan Media Audio Visual dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lain, b) Bagi siswa, diharapkan siswa dapat berani bertanya maupun menjawab dan semangat untuk belajar khususnya dalam pelajaran IPA, c) Bagi sekolah, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan ide dan inovasi baru dalam mengembangkan media pembelajaran dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran disekolah dan upaya meningkatkan hasil belajar siswa, d) Bagi peneliti lain, hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan memanfaatkan waktu dengan baik dalam penggunaan media audio visual.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80649
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository