PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT DI KELAS IV SDN ANTIROGO 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Hasil penelitian menunjukan penerapan pendekatan saintifik menggunakan
media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa dapat di ketahui dari perbandingan Prasiklus, Siklus
I, dan Siklus II. Persentase belajar aktivitas belajar siswa dari prasiklus 45,16%,
Siklus I sebesar 62,58% dan siklus II sebesar 75,41%, aktivitas belajar dari prasiklus
ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 17,42%, sedangkan dari siklus I ke siklus
II mengalami peningkatan sebesar 12,59% Secara klasikal memenuhi kriteria yang di
tetapkan yaitu aktif. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari prasiklus ke
siklus I sebesar 7,63 yaitu dari 60 menjadi 67,63, sedangkan peningkatan dari siklus I
ke siklus II sebesar 7,78 menjadi 75,41.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
penerapan pendekatan saintifik menggunakan media video pada pokok bahasan
perubahan kenampakan bumi dan benda langit secara keseluran berjalan lancar dan
baik. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: a) Bagi guru, dengan
penggunaan Media Audio Visual dapat dijadikan alternatif untuk pembelajaran IPA
guna untuk meningkatkan aktivitas dan juga hasil siswa. Tidak hanya mata pelajaran
IPA, namun penggunaan Media Audio Visual dapat diterapkan pada mata pelajaran
yang lain, b) Bagi siswa, diharapkan siswa dapat berani bertanya maupun menjawab
dan semangat untuk belajar khususnya dalam pelajaran IPA, c) Bagi sekolah,
diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan ide dan inovasi baru dalam
mengembangkan media pembelajaran dalam usaha meningkatkan kualitas
pembelajaran disekolah dan upaya meningkatkan hasil belajar siswa, d) Bagi peneliti
lain, hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan memanfaatkan waktu
dengan baik dalam penggunaan media audio visual.