• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN KONSTEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 JEMBER SEMESTER GENAP 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Angga Permana - 120210204127_.pdf (7.758Mb)
    Date
    2017-08-02
    Author
    PERMANA, Angga
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi pra siklus skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 41,11 dalam kategori cukup aktif. Tahap siklusI skor ratarata 74,44 dalam kategori aktif. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada tahap refleksi disiklus I dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa sudah aktif, sehingga hanya perlu sedikit refleksi untuk siklus II dengan harapan agar nilai aktivitas secara klasikal menjadi sangat aktif. Siklus II dilakukan bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Tahap siklus II skor rata-rata 83,61 dalam kategori sangat aktif. Jadi dapat disimpulkan peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari tahap pra siklus ke siklus I sebesar 33,33, sedangkan peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari tahap siklus I kesiklus II sebesar 9,17. Hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus dalam kategor icukup dengan skor rata-rata 67,33. Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 76,86 termasuk dalam kategori baik. Skor rata-rata hasil belajar siswa semakin meningkat pada siklus II sebesar 84,12 termasuk dalam kategori sangat baik. Terdapat 20 siswa (67,67%) termasuk dalam kategori hasil belajar sangat baik, 9 siswa (30%) termasuk dalam kategori hasil belajar baik, 1 siswa (3,33%) termasuk dalam kategori hasil belajar cukup, dan tidak terdapat siswa yang termasuk dalam kategori hasil belajar kurang dan sangat kurang.. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada matapelajaran IPA pokok bahasan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan di SDN Kebonsari 04 Jember semester genap tahun ajaran 2016/2017.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80646
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository