• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI

    Thumbnail
    View/Open
    Amalia Febrianti Ramadhani - 130210101022_.pdf (2.392Mb)
    Date
    2017-08-02
    Author
    RAMADHANI, Amalia Febrianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari hasil analisis tes pemecahan masalah, 4 siswa dinyatakan masuk dalam kategori sangat kreatif (TBK 4) dengan persentase 33,33 %, 4 siswa dinyatakan masuk dalam kategori kreatif (TBK 3) dengan persentase 33,33 %, 2 siswa dinyatakan masuk dalam kategori cukup kreatif (TBK 2) dengan persentase 16,66 %, 1 siswa dinyatakan masuk dalam kategori kurang kreatif (TBK 1) dengan persentase 8,33 %, dan 1 orang siswa terakhir dinyatakan masuk dalam kategori tidak kreatif (TBK 0) dengan persentase 8,33 %. Empat siswa dinyatakan masuk dalam kategori sangat kreatif (TBK 4) karena mampu memenuhi kriteria kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan dalam mengerjakan soal tes pemecahan masalah. Empat siswa dinyatakan masuk dalam kategori kreatif (TBK 3) karena mampu memenuhi dua kriteria berpikir kreatif, dengan rincian seorang siswa memenuhi kriteria kefasihan dan kebaruan, dan 3 siswa memenuhi kriteria kefasihan dan fleksibilitas. Dua siswa dinyatakan masuk dalam kategori cukup kreatif (TBK 2) karena mampu memenuhi kriteria fleksibilitas. Satu siswa dinyatakan masuk dalam kategori kurang kreatif (TBK 1) karena hanya mampu memenuhi kriteria kefasihan saja. Satu siswa lagi dinyatakan masuk dalam kategori tidak kreatif (TBK 0) karena siswa tersebut tidak mampu memenuhi kriteria berpikir kreatif baik itu kefasihan, fleksibilitas, maupun kebaruan. Dari hasil ini menunjukkan siswa bergaya belajar visual cenderung memiliki kreativitas yang cukup tinggi. Dalam hal pengerjaan tes pun terlihat muncul sikap para siswa bergaya belajar visual tersebut yang sesuai dengan ciri – ciri gaya belajar visual, misalnya saja sebagian besar siswa membaca soal dalam hati sambil menunjuk setiap kalimat dengan alat tulis dan menggerakkan mulutnya, membuat ilustrasi gambar dengan detail dan tidak menuliskan data yang diketahui dari soal, siswa bergaya belajar visual cenderung serius pada saat mengerjakan soal, dan memeriksa kembali hasil pekerjaannya secara sekilas dengan membaca ulang dan melihat hasil akhir jawaban sambil menunjuk soal dengan jari.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80641
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository