PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK, PAIR, SHARE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS IV SDN CANDIPURO 01 LUMAJANG
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan setelah
diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran menulis
karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN Candipuro 01 Lumajang.
Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung yang diperoleh adalah sebesar 2,563
sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,0195. Jika dibandingkan
dari kedua nilai ini maka didapat thitung > ttabel , sehingga dapat diputuskan bahwa
Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
TPS berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis karangan deskriptif.
Dari hasil analisis ER diperoleh nilainya adalah sebesar 33,46%. Hasil ini
menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe TPS lebih efektif 33,46% dibandingkan dengan pembelajaran
tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Saran penelitian ini
yaitu bagi peneliti lain, apabila menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
TPS pada pembelajaran tertentu, seharusnya dapat dikreasikan dengan
pendekatan/ model/ strategi/ metode/ teknik dan media pembelajaran lain agar
tingkat keefektifitas relatifnya dapat ditingkatkan, sedangkan bagi guru, hasil
penelitian ini seyogyanya dapat dijadikan referensi untuk menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pembelajaran yang lain selain
pembelajaran keterampilan menulis.