PENERAPAN STRATEGI GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 02 PLALANGAN KALISAT JEMBER MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI TAHUN 2016/2017
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan hasil
belajar siswa kelas IV SDN 02 Plalangan Kalisat Jember mengalami peningkatan
selama proses penerapan strategi guided discovery. Persentase keterampilan proses
sains siswa pada siklus I adalah 62,59% dengan kriteria cukup baik mengalami
peningkatan pada siklus II menjadi 71,29% dengan kriteria baik. Hampir semua
indikator mengalami peningkatan pada siklus II. Hasil belajar siswa dikatakan
meningkat bila skor hasil tes belajar secara klasikal mencapai skor >70. Hasil
belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I skor ketuntasan hasil
belajar siswa secara klasikal sebesar 63,15% meningkat pada siklus II menjadi
71,77%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran
guided discovery pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi
bunyi dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV SDN 02 Plalangan Kalisat Jember. Saran kepada guru adalah
dapat menjadikan pertimbangan untuk menerapkan strategi pembelajaran guided
discovery pada saat proses pembelajaran di kelas. Saran yang diberikan kepada
peneliti lain berdasarkan hasil penelitian adalah guru harus menjelaskan tentang
pemahaman materi yang akan diajarkan kepada siswa agar dalam proses penemuan
siswa tidak mengalami kebingungan dan proses penemuan dapat berjalan dengan
lancar.