• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 02 PLALANGAN KALISAT JEMBER MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI TAHUN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Agil Yudha Pradana - 130210204052_.pdf (5.153Mb)
    Date
    2017-08-02
    Author
    PRADANA, Agil Yudha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Plalangan Kalisat Jember mengalami peningkatan selama proses penerapan strategi guided discovery. Persentase keterampilan proses sains siswa pada siklus I adalah 62,59% dengan kriteria cukup baik mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 71,29% dengan kriteria baik. Hampir semua indikator mengalami peningkatan pada siklus II. Hasil belajar siswa dikatakan meningkat bila skor hasil tes belajar secara klasikal mencapai skor >70. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I skor ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 63,15% meningkat pada siklus II menjadi 71,77%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran guided discovery pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Plalangan Kalisat Jember. Saran kepada guru adalah dapat menjadikan pertimbangan untuk menerapkan strategi pembelajaran guided discovery pada saat proses pembelajaran di kelas. Saran yang diberikan kepada peneliti lain berdasarkan hasil penelitian adalah guru harus menjelaskan tentang pemahaman materi yang akan diajarkan kepada siswa agar dalam proses penemuan siswa tidak mengalami kebingungan dan proses penemuan dapat berjalan dengan lancar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80625
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository