• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOLABORATIF PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Afni Nurvita Khumaidah - 130210101010_.pdf (5.329Mb)
    Date
    2017-08-02
    Author
    KHUMAIDAH, Afni Nurvita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat dan menghasilkan perangkat berupa RPP dan LKS. Terkait dengan hal itu akan disertakan pula (1) validasi perangkat, (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (3) aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dan (4) respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat. Dalam penelitian ini, produk yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran yang meliputi 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan 2 Lembar Kerja Siswa (LKS). Model pengembangan yang digunakan adalah model Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Modifikasi ini terjadi pada prosedur penelitian yaitu tidak adanya proses penyebaran. Dengan demikian tahap pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang dilakukan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Tahap pendefinisian dan tahap perancangan menghasilkan draft I. Perangkat pada draft I kemudian divalidasi dan direvisi sehingga menghasilkan draft II. Setelah itu dilakukan uji keterbacaan dengan meminta siswa untuk membaca LKS. Perangkat hasil uji keterbacaan kemudian direvisi sebelum dilakukan uji coba lapangan dan dinamakan draft III. Uji coba dilakukan di SMP Negeri 4 Jember. Perangkat hasil uji coba dianalisis tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat. Tingkat kevalidan dilihat berdasarkan hasil uji valdasi perangkat dan menunjukkan persentase validasi RPP dan LKS adalah 3,79. Tingkat kepraktisan perangkat dilihat berdasarkan kemampuan guru mengelola pembelajaran yang menunjukkan koefisien sebesar 2,88 dan 2,90. Tingkat keefektifan perangkat dilihat berdasarkan analisis aktivitas siswa yang menunjukkan koefisien sebesar 89,94% dan 91,53%, banyaknya siswa yang memberikan respon positif sebesar 92,38%, dan aspek pengetahuan siswa yang dapat diketahui dari hasil rata-rata minimum yang diperoleh siswa pada LKS yaitu 80. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada ketagori valid, praktis, dan efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80618
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository