• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 MELALUI KEGIATAN MENCAMPUR WARNA DENGAN TELAPAK TANGAN DI TK TERPADU NAILUL MARAM KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    ADE PUTRI LASDIARTI - 130210205040_.pdf (3.087Mb)
    Date
    2017-08-02
    Author
    LASDIARTI, Ade Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Terpadu Nailul Maram Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 15 anak (6 laki-laki dan 9 perempuan). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan MC Taggart. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja serta lisan. Analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penerapan kegiatan mencampur warna dengan telapak tangan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus, awalnya guru mendemostrasikan kegiatan. Setelah itu anak-anak melakukan percobaan mencampur warna sebanyak tiga kali yaitu warna merah dan kuning, warna merah dan biru, warna kuning dan biru lalu mencapnya pada kertas sehingga membentuk ikan. Terakhir menceritakan proses pencampuran warna. Kekurangan di siklus 1 adalah kertas gambar yang kurang besar, anak-anak awalnya merasa ragu untuk mencelupkan tangannya pada adonan yang lengket serta pewarna yang kurang tampak. Sama seperti siklus 1, siklus 2 melakukan percobaan sebanyak tiga kali serta melakukan perbaikan dari pelaksanaan siklus I yaitu menggunakan ½ kertas manila, menambahkan tepung terigu agar adonan tidak terlalu lengket, serta menggunakan pewarna pigmen agar hasil pencampuran warna lebih jelas terlihat. Peningkatan kemampuan kognitif anak dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73,34 meningkat menjadi 88,33.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80616
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository