dc.description.abstract | Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan pada Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember selama satu bulan, mulai tanggal
27 Februari 2017 s/d 27 Maret 2017 serta penjelasan yang diberikan oleh
pembimbing pelaksanaan Praktek Kerja Nyata pada Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan Kabupaten Jember dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
a. Administrasi kegiatan rutin pada pelaksanaan administrasi kesekretariatan di
sub bagian umum dan kepegawaian yaitu administrasi penerimaan surat
masuk, administrasi pengiriman surat keluar, administrasi pengetikan,
administrasi penerimaan tamu dan sekaligus pembuatan perjanjian dengan
tamu untuk kepentingan pimpinan, administrasi penerimaan telepon,
administrasi pengiriman telegram, administrasi pengiriman faksimile,
administrasi persiapan rapat pimpinan, administrasi pembuatan laporan,
administrasi penyimpanan dan pengaturan arsip sesuai dengan sistem
kearsipan yang telah ditentukan oleh organisasi atau lembaga yang
bersangkutan, dan administrasi pengelolaan kas kecil (petty cash).
b. Administrasi kegiatan insidentil pada pelaksanaan administrasi kesekretariatan
di sub bagian umum dan kepegawaian yaitu administrasi kegiatan atas prakarsa
sendiri yang dibagi menjadi tiga seperti administrasi penyusunan daftar nama
rekanan atau pelanggan, administrasi pembuatan daftar nama-nama tamu yang
sering berkunjung, dan administrasi pembuatan tabel atau grafik tentang hasil
produksi dan pemasaran. Administrasi kegiatan insidentil yaitu tugas yang
diberikan langsung oleh pimpinan.
c. Tugas-tugas yang dilaksanakan selama praktek kerja nyata yaitu penanganan
telepon, pengurusan dan pencatatan surat masuk dan surat keluar, dan
pengarsipan surat. | en_US |