PROSEDUR ADMINISTRASI PEMBERIAN KREDIT PENSIUN SEJAHTERA PADA PT BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL PURNA BAKTI CABANG JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan pada
PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk Purna Bakti Cabang Jember dalam
bidang prosedur administrasi pemberian kredit pensiun sejahtera, maka dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Prosedur administrasi pemberian kredit pensiun sejahtera pada PT. Bank
Tabungan Pensiunan Nasional Tbk Purna Bakti Cabang Jember diawali
dengan calon nasabah atau pemohon datang kepada credit acceptance untuk
memperoleh informasi tentang kredit pensiun
2. Prosedur penerimaan permohonan kredit pensiun sejahtera yaitu calon
nasabah datang dan membawa berkas-berkas persyaratan untuk diserahkan
kepada credit acceptance.
3. Prosedur pemeriksaan berkas-berkas pengajuan kredit pensiun sejahtera
yaitu credit acceptance akan melakukan pemeriksaan berkas-berkas calon
nasabah.
4. Prosedur verifikasi data kredit nasabah yaitu credit acceptance supervisor
akan melakukan verifikasi data terkait calon nasabah yang mengajukan
kredit pensiun sejahtera.
5. Prosedur penentuan besarnya kredit yang akan diberikan yaitu credit
acceptance supervisor melakukan analisis kredit guna menentukan besarnya
kredit yang akan diberikan.
6. Prosedur wawancara terhadap nasabah yaitu wawancara langsung terhadap
calon nasabah untuk mengetahui lebih jelas tentang informasi diri calon
nasabah.
7. Prosedur Realisasi kredit pensiun sejahtera yaitu credit acceptance
supervisor akan bermusyawarah dengan brand head mengenai layak
diberikan atau tidak, jika kredit telah disetujui maka akan disampaikan surat
pemberitahuan keputusan kredit (SPKK), penandatanganan akad kredit dan
pengikatan agunan setelah selesai dana akan dicairkan melalui teller.
Collections
- DP-Financial Accounting [181]