• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT UMUM PEDESAAN (KUPEDES) PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. UNIT TAPEN CABANG BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    ESTI TITANURITA NIM 140803104069.pdf (5.431Mb)
    Date
    2017-07-31
    Author
    TITANURITA, ESTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit Tapen Cabang Bondowoso dan berdasarkan data–data yang diperoleh khususnya mengenai pelaksanaan administrasi dan Prosedur Akuntansi pemberian untuk jenis Kupedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit Tapen Cabang Bondowoso, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa dalam prosedur Akuntansi Kupedes terdiri dari 3 tahap yang meliputi : 1. Permohonan Permohonan Kupedes dilakukan oleh Customer Service (CS) mulai dari pendaftaran, menjelsakan tentang prosedur, pemeriksaan kelengkapan persyaratan, dan pembukaan buku tabungan (bagi yang belum memiliki tabungan di BRI). 2. Pemeriksaan dan pemberian putusan Pemeriksaan dan pemeberian putusan memiliki keterkaitan yaitu kupedes dapat diputuskan stelah pemeriksaan, hal ini dilakukan agar nantinya tidak ada pihak yang dirugikan. Pemeriksaan dilakukan oleh Mantri kepada calon nasabah secara langsung/survei yang meliputi pemeriksaan agunan yang dijaminankan, tempat tinggal, usaha yang sedang dijalankan, dan omset/pendapatan, serta penetapan jumlah kredit dan jangka waktu pembayaran. Pemberian putusan dilakukan oleh Ka Unit setelah menerima berkas pemeriksaan, evaluasi dan analisis serta usulan kredit dari Mantri. 3. Pencairan realisasi Pencairan atau realisaasi yang dilakukan oleh Customer Service (CS) setelah pemberian putusan. Disni CS membrikan penjelasan terkait putusan yang diberikan meliputi besaarnya jumlah, angsuran, dan bunganya. 50 Selanjutnya Teller proses pembayaran atau penarikan uang kredit di serahkan. Dan bagian – bagian yang terlibat dalam Prosedur Kupedes ini adalah : 1. Customer Service (CS) 2. Ka Unit 3. Mantri 4. Teller Dengan adanya Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) ini semakin membantu masyarakat khususnya masyarakat pedesaan yang membutuhkan modal untuk meningkatan usaha dan taraf hidupnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80509
    Collections
    • DP-Accounting [660]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository