Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.authorNurrohmah, Ulan Dwi
dc.date.accessioned2017-07-20T07:39:12Z
dc.date.available2017-07-20T07:39:12Z
dc.date.issued2017-07-20
dc.identifier.nimNIM130210204032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80418
dc.description.abstractMenyimak merupakan kegiatan mendengarkan dengan penuh perhatian dan konsentrasi untuk memperoleh informasi atau memahami isi dari pesan yang disampaikan secara lisan. Kemampuan menyimak yang harus dikuasai siswa kelas V salah satunya adalah kemampuan mengidentifikasi unsur cerita rakyat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Gumuksari 03 Kalisat Jember pada 10 Agustus 2016 terdapat masalah pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu pada kemampuan menyimak siswa masih tergolong rendah, siswa masih kesulitan dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita. Salah satu alternatif pemecahan masalah yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa adalah media gambar cerita berseri. Media ini dapat meningkatkan ketertarikan dan perhatian siswa terhadap cerita yang disimaknya sehingga kemampuan menyimak siswa dapat meningkat. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses penerapan media gambar cerita berseri yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak dalam mengidentifikasi unsur cerita rakyat pada siswa kelas V SD Negeri Gumuksari 03 Kalisat Jember, dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan menyimak dalam mengidentifikasi unsur cerita rakyat setelah diterapkan media gambar cerita berseri pada siswa kelas V SD Negeri Gumuksari 03 Kalisat Jember. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, dapat dijelaskan tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendiskripsikan proses penerapan media gambar cerita berseri yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak dalam mengidentifikasi unsur cerita rakyat pada siswa kelas V SD Negeri Gumuksari 03 Kalisat Jember, dan (2) meningkatan kemampuan menyimak aktif dalam mengidentifikasi unsur cerita rakyat setelah diterapkan x media gambar cerita berseri pada siswa kelas V SD Negeri Gumuksari 03 Kalisat Jember. Penelitian ini dilakukan di SDN Gumuksari 03 Kalisat Jember mulai 22 November 2016 sampai tanggal 30 November 2016. Jenis penelitian ini adalah PTK. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Gumuksari 03 Kalisat Jember pada tahun pelajaran 2016/2017. Penerapan media gambar cerita berseri pada pembelajaran bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur cerita rakyat diawali dengan penjelasan materi tentang unsur-unsur intrinsik cerita, penyampaian cerita rakyat dengan menggunakan media gambar cerita berseri yang diproyeksikan. Penggunaan media gambar cerita berseri dalam pembelajaran menyimak cerita rakyat akan menarik perhatian siswa, memusatkan perhatian siswa, dan melatih kemampuan menyimak aktif yang dimiliki siswa. Peningkatan kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Gumuksari 03 Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 setelah menggunakan media gambar cerita berseri dapat diketahui dari perbandingan skor klasikal hasil belajar siswa prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Berdasarkan hasil tes siklus 1 dan siklus 2, skor klasikal siswa meningkat sebesar 30% dari 40% (prasiklus) menjadi 70% (siklus 1). Siklus 2 juga mengalami peningkatan 15% dari 70% (siklus 1) menjadi 85% (siklus 2). Saran yang dapat diberikan kepada guru yaitu diharapkan guru mampu menggunakan media gambar cerita berseri sebagai variasi media pembelajaran agar dapat membangkitkan konsentrasi siswa dalam menyimak sehingga kemampuan menyimak siswa akan meningkat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210204032;
dc.subjectKemampuan Menyimaken_US
dc.subjectMengidentifikasi Unsur Ceritaen_US
dc.titlePenerapan Media Gambar Cerita Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dalam Mengidentifikasi Unsur Cerita pada Siswa Kelas V SDN Gumuksari 03 Kalisat Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record