dc.description.abstract | Menyimak merupakan kegiatan mendengarkan dengan penuh perhatian dan
konsentrasi untuk memperoleh informasi atau memahami isi dari pesan yang
disampaikan secara lisan. Kemampuan menyimak yang harus dikuasai siswa kelas
V salah satunya adalah kemampuan mengidentifikasi unsur cerita rakyat.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Gumuksari 03
Kalisat Jember pada 10 Agustus 2016 terdapat masalah pada pembelajaran bahasa
Indonesia yaitu pada kemampuan menyimak siswa masih tergolong rendah, siswa
masih kesulitan dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita. Salah satu alternatif
pemecahan masalah yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan
menyimak siswa adalah media gambar cerita berseri. Media ini dapat
meningkatkan ketertarikan dan perhatian siswa terhadap cerita yang disimaknya
sehingga kemampuan menyimak siswa dapat meningkat.
Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini
adalah: (1) bagaimanakah proses penerapan media gambar cerita berseri yang
dapat meningkatkan kemampuan menyimak dalam mengidentifikasi unsur cerita
rakyat pada siswa kelas V SD Negeri Gumuksari 03 Kalisat Jember, dan (2)
bagaimanakah peningkatan kemampuan menyimak dalam mengidentifikasi unsur
cerita rakyat setelah diterapkan media gambar cerita berseri pada siswa kelas V
SD Negeri Gumuksari 03 Kalisat Jember. Berdasarkan rumusan masalah tersebut,
dapat dijelaskan tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendiskripsikan proses
penerapan media gambar cerita berseri yang dapat meningkatkan kemampuan
menyimak dalam mengidentifikasi unsur cerita rakyat pada siswa kelas V SD
Negeri Gumuksari 03 Kalisat Jember, dan (2) meningkatan kemampuan
menyimak aktif dalam mengidentifikasi unsur cerita rakyat setelah diterapkan
x
media gambar cerita berseri pada siswa kelas V SD Negeri Gumuksari 03 Kalisat
Jember.
Penelitian ini dilakukan di SDN Gumuksari 03 Kalisat Jember mulai 22
November 2016 sampai tanggal 30 November 2016. Jenis penelitian ini adalah
PTK. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus
terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V
SDN Gumuksari 03 Kalisat Jember pada tahun pelajaran 2016/2017.
Penerapan media gambar cerita berseri pada pembelajaran bahasa
Indonesia materi mengidentifikasi unsur cerita rakyat diawali dengan penjelasan
materi tentang unsur-unsur intrinsik cerita, penyampaian cerita rakyat dengan
menggunakan media gambar cerita berseri yang diproyeksikan. Penggunaan
media gambar cerita berseri dalam pembelajaran menyimak cerita rakyat akan
menarik perhatian siswa, memusatkan perhatian siswa, dan melatih kemampuan
menyimak aktif yang dimiliki siswa.
Peningkatan kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Gumuksari 03
Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 setelah menggunakan media gambar
cerita berseri dapat diketahui dari perbandingan skor klasikal hasil belajar siswa
prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Berdasarkan hasil tes siklus 1 dan siklus 2, skor
klasikal siswa meningkat sebesar 30% dari 40% (prasiklus) menjadi 70% (siklus
1). Siklus 2 juga mengalami peningkatan 15% dari 70% (siklus 1) menjadi 85%
(siklus 2).
Saran yang dapat diberikan kepada guru yaitu diharapkan guru mampu
menggunakan media gambar cerita berseri sebagai variasi media pembelajaran
agar dapat membangkitkan konsentrasi siswa dalam menyimak sehingga
kemampuan menyimak siswa akan meningkat. | en_US |